Awas! Ini 4 Tanda Anda Mengalami Masalah Pencernaan Serius Loh

Muchdi
Muchdi

Awas! Ini 4 Tanda Anda Mengalami Masalah Pencernaan Serius Loh Foto-iStock

WinNetNews.com - Sakit di bagian perut sering jadi tanda awal adanya masalah pencernaan. Ada perubahan di perut, bisa jadi Anda mengalami masalah pencernaan yang serius.

Perut memiliki hubungan erat dengan sistem pencernaan. Perubahan apapun yang terjadi pada perut menandakan adanya masalah dengan sistem pencernaan.

Dikutip dari situs detikHealth dari laman Healthline, Minggu (19/8/2018),  beberapa perubahan kondisi perut menandakan masalah pencernaan Anda bukan sekadar diare atau sembelit. Nah, disimak ya berikut ini tanda-tandanya.

1. Sering kentut dan berbau

Pakar gastroenterologi dr John E. Burney dari Georgia menyebut kentut atau flatulensi merupakan siklus tubuh yang normal. Namun jika kentut terjadi lebih dari biasanya, dan disertai bau busuk dan keluhan lain, bisa jadi tanda adanya masalah.

"Bau kentut yang amat menusuk dan busuk juga bisa menjadi tanda bahwa parasit yang disebut giardia telah menginfeksi usus," tandasnya.

2. Darah di kotoran

Adanya darah di kotoran ketika buang air besar bisa menandakan Anda mengalami wasir. Wasir bisa membuat BAB tak nyaman, hingga kesulitan duduk dan beraktivitas.

"Tapi jika Anda tidak memiliki wasir. Siapapun yang mengalami perdarahan di rektum berulang dan berusia lebih dari 40 tahun perlu dievaluasi. Pun ketika Anda sering mengalami perdarahan saat buang air besar, baiknya segera cek ke dokter," ujar Jeffrey S Crespin, MD, ahli gastroneterologi dari New York University.

3. Kekurangan zat besi

Zat besi membantu sel darah merah mengantarkan oksigen ke jaringan tubuh. Ketika kadar zat besi di tubuh amat rendah, bisa timbul keluhan mudah lelah, rambut rontok, kulit kekuningan, dan sakit kepala.

Ketika Anda mengalami gejala itu, dokter bisa memeriksa kadar zat besi dengan tes darah sederhana. Tapi, jika Anda diketahui mengalami anemia, kemungkinan perlu dilakukan evaluasi oleh gastroenterolog.

"Anemia defisiensi besi sering disebabkan kekurangan darah kronis dan kehilangan darah yang tak disadari di sistem pencernaan. Misalnya akibat kanker kolon, kanker perut, bisul di pencernaan, inflamasi usus, dan pembuluh darah yang dangkal dan disebut angiodiplasia," kata Burney.

4. Celana tiba-tiba ketat

Tiba-tiba saja celana Anda terasa ketat dan sempit? Bukan karena kebanyakan makan, perut kembung karena kebanyakan juga bisa membuat celana yang digunakan tiba-tiba sempit dan ketat.

"Perut kembung secara tiba-tiba bisa jadi gangguan pencernaan yang terkait produk susu atau kondisi lain yang butuh penanganan lanjut. Misalnya gastroesophageal reflux disease (GERD), irritable bowel syndrome (IBS), batu empedu, konstipasi, dan penyakit celiac," terang Burney.

5. Celana tiba-tiba kebesaran

Sebaliknya, celana yang digunakan tiba-tiba longgar dan kebesaran menandakan adanya penurunan berat badan yang terjadi secara cepat dan signifikan meskipun tidak sedang diet. Burney menyebut hal ini menandakan penyerapan nutrisi saat makan tidak berjalan dengan baik.

"Itu bisa jadi gejala penyakit celiac atau Crohn's disease yang berkaitan dengan kemampuan tubuh menyerap nutrisi. Atau bahkan, penurunan bobot yang tiba-tiba bisa jadi indikasi adanya kanker kolon, perut, atau pankreas," kata Burney.