Awas! Jangan Tidur dengan Keadaan Rambut Basah Loh, Ini Alasannya
Ilustrasi tidur rambut basah ( Photo ExpertHomeTips.com )
Kesehatan

Awas! Jangan Tidur dengan Keadaan Rambut Basah Loh, Ini Alasannya

Sabtu, 2 Nov 2019 | 12:51 | Muchdi

Winnetnews.com -  Padatnya aktivitas membuat sebagian orang memilih keramas di malam hari, bahkan memutuskan untuk langsung tidur dengan rambut basah karena lelah. Padahal, tidur dengan kondisi rambut bisa memicu sejumlah masalah.

Melansir The Healthy, tidur dengan rambut basah dapat memicu kerusakan pada folikel atau batang rambut. Walau tak terjadi seketika, namun kebiasaan tidur dengan rambut basah lama-lama akan mempengaruhi kesehatan rambut.

Menurut Olga Gilbert, penata rambut di J. Russel Salon, Palm Desert California, rambut yang dibiarkan basah sebelum tidur akan membuat rambut lebih mudah rontok dan patah, terlebih bila rambut basah langsung di kuncir atau jepit.

Selain menjadi mudah rontok dan patah , tidur dengan rambut yang masih basah juga akan mempengaruhi keindahan rambut keesokan paginya. Rambut akan lebih sulit di atur dan tak bisa ditata, sehingga membuta Anda tak bisa tampil dengan rambut yang prima.

"Ketika Anda bangun dengan rambut yang sulit diatur, maka Anda harus membasahkannya lagi untuk mendapatkan rambut yang lebih mudah ditata. Hal ini akan membuang waktu pagi Anda," kata Gilbert.

Sementara itu dilansir dari Time, Dr. Adam Friedman profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan George Washington University mengatakan, rambut basah yang tidak sengaja mengenai wajah ketika tidur dapat mengakibatkan iritasi kulit. Saat air di rambut menguap, hal ini juga bisa menyebabkan kekeringan di wajah maupun kulit kepala. Kekeringan yang tak diatasi dapat menyebabkan rasa gatal dan juga ketombe.

Tak jarang pula, orang yang tidur dengan rambut basah akan merasa sakit kepala pada esok harinya akibat suhu di kepala dan tubuh yang berbeda. Bila rambut yang basah diikat atau dibalut handuk, juga dapat membuat rambut tertarik, mempengaruhi sirkulasi darah, yang akhirnya memicu sakit kepala.

Tidur dengan rambut basah memang tak dianjurkan, namun jika Anda terpaksa untuk tidur dengan rambut yang basah, ada satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko rambut rusak. Caranya dengan mengganti sarung bantal katun ke bahan yang lebih lembut seperti sutra. Sutra memiliki permukaan yang jauh lebih halus, sehingga tak akan merusak rambut.

Bila tak memiliki sarung bantal sutra, ada baiknya untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu, setidaknya rambut sedikit kering dan tidak lagi basah kuyup.

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia.com dengan judul "Alasan Tidak Boleh Tidur dengan Rambut Basah"

TAGS:
rambuttidurBasahrontok

RELATED STORIES

Loading interface...