Awas… Kurang Minum Bisa Alami Ganguan Kesehatan Loh? Ini Hal-hal yang Bakal Dialami

Muchdi
Muchdi

Awas… Kurang Minum Bisa Alami Ganguan Kesehatan Loh? Ini Hal-hal yang Bakal Dialami Ilustrasi Minum Air ( Photo shutterstock.com )

Winnetnews.com - Air punya peran penting untuk tubuh. Jika kebutuhan air dalam tubuh tak terpenuhi, tubuh akan mengalami sejumlah gangguan kesehatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Sayang, masih banyak orang yang tak peduli dengan jumlah minimal konsumsi air setiap harinya. Padahal, beberapa hal yang mengganggu tubuh mengintai secara diam-diam.

Jika Anda salah satu dari mereka, siap-siap dengan beberapa hal berikut yang bisa menghampiri Anda.

1. Bau napas

Kurang minum bisa menyebabkan bau napas. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tak mampu memproduksi saliva atau air liur. Sifat antibakteri yang dimiliki saliva membantu menjaga kesegaran mulut.

2. Sembelit

Air juga berguna untuk sistem pencernaan. Mengutip Daily Meal, air mampu mengurangi risiko sembelit karena sifatnya yang memperlancar buang air besar.

Saat tubuh tak mendapatkan cairan yang cukup, maka kandungan air dalam tinja akan semakin sedikit. Tinja yang keras hanya akan membuat Anda kesulitan saat buang air besar.

3. Warna urine gelap

Urine berwarna gelap juga merupakan tanda dehidrasi. Pasalnya, air yang membantu menyaring dan mengeluarkan racun dari ginjal tak ditemukan banyak dalam tubuh.

Ginjal yang kekurangan cairan tak akan sanggup membuang racun yang ada di dalamnya. Akibatnya, air urine pun berwarna kuning gelap. Air urine gelap menandakan adanya gangguan kesehatan pada tubuh.

4. Pusing

Kekurangan cairan berisiko pada rendahnya tekanan darah dan buruknya sirkulasi. Hal ini akan membuat otak kekurangan oksigen yang menyebabkan kepala terasa pusing.