Awas! Minum Boba Ternyata Bisa Bikin Jerawatan
Ilustrasi: Tsunagu Japan
Fashion & Beauty

Awas! Minum Boba Ternyata Bisa Bikin Jerawatan

Minggu, 24 Nov 2019 | 20:19 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Tren minuman boba saat ini memang masih menjamur di kalangan masyarakat. Hampir di setiap mal, kamu pasti akan menemukan kedai yang menjual minuman ini. Harga, rasa, dan ukurannya pun sangat bervariasi.

Banyak studi yang membahas tentang kandungan gula pada boba yang dinilai tidak sehat. Namun tahukah kamu jika minuman boba ternyata juga memberikan dampak buruk bagi kencantikan?

Dikutip dari Health Essentials, minuman boba pertama kali muncul dari Asia Timur, tepatnya di Tainan dan Taichung, Taiwan, pada tahun 80an. Dalam penyajiannya, teh susu dengan topping tepung tapioka ini sering dicampur dengan perasa dan pemanis buatan.

Menurut Glendell de Guzman, dokter ginekologi dari Harvard Vanguard Medical Association, di dalam setiap minuman boba, kandungan gula buatan tercatat sebanyak 50 gam dan sekitar 500 kalori. Kandungan gula sebanyak ini tentu tidak baik bagi kesehatan. Hal yang lebih buruk, gula berlebih ini juga ternyata berdampak buruk bagi kulit.

image0
Ilustrasi: Medium

Selain itu, gula memiliki indeks glikemik yang tinggi dan bisa memicu lonjakan insulin, meningkatkan sekresi androgen, peradangam, dan produksi minyak yang semuanya berkontribusi besar dalam pemunculan jerawat. Kandungan gula, tapioka, dan susu di dalamnya bahakn bisa meningkatkan perdangan dan aktivitas sebum yang ujungnya akan menimbulkan jerawat di kulit wajah.

Boba yang terbuat dari tepung tapioka mengandung karbohidrat dan minim nutrisi. Bahan ini menjadi tambah buruk ketika direbus bersama air gula. Kandungan gula yang terlalu tinggi bisa menyebabkan lonjakan insulin dan menyebabkan perdangan pada kulit.

Bagi sebagian orang, makanan atau minuman manis bisa memicu alergi. Kadar gula yang berlebihan juga bisa mengembangkan resistensi isnulin. Paku insulin akan menyebabkan kondisi hirsutisme atau pertumbuhan rambut berlebih dan bercak hitam pada leher.

 

TAGS:
info kecantikankecantikan kulit wajahbobaminuman bobaboba milk teaboba bikin jerawatan

RELATED STORIES

Loading interface...