Awas! Tanda-Tanda dari Ketiak Ternyata Bisa Kuak Masalah Kesehatan Loh
Bulu ketiak ( Photo-unsplash)
Kesehatan

Awas! Tanda-Tanda dari Ketiak Ternyata Bisa Kuak Masalah Kesehatan Loh

Senin, 24 Des 2018 | 16:53 | Muchdi

WinNetNews.com - Tubuh setiap orang berbeda-beda. Itu semua tergantung dari metabolisme seseorang. Maka dari itu tak heran jika bau tubuh tiap orang berbeda-beda.

Biasanya, sumber bau dari badan manusia berasal dari ketiak. Alasannya karena bagian yang selalu tertutup alias terhimpit.

Ternyata, tanda-tanda yang diberikan oleh ketiak dapat menunjukkan masalah kesehatan Anda. Jenis bau, munculnya rasa gatal hingga ruam adalah salah satu sinyal yang bisa dibaca sebagai indikasi suatu penyakit.

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman Brightside.me, Senin  (24/12/2018), berikut 5 sinyal bahwa ketiak dapat menunjukkan masalah kesehatan:

1. Bau

Bau asam di area ketiak adalah hal yang ilmiah. Ini terjadi akibat bakteri yang berada di sana saat tubuh berkeringat.

Itu semua bisa diatasi dengan penggunaan deodoran. Namun, apabila bau ketiak Anda sudah sangat kuat meski telah diberi deodoran, maka ini menunjukkan ada masalah kesehatan yang perlu diatasi.

Bau tidak biasa yang tidak dapat dihilangkan bahkan setelah mandi dapat menjadi sinyal gangguan hormonal dan disfungsi tiroid.

Jika bau ini menyerupai aroma "buah busuk" atau "cat kuku", maka itu bisa menjadi sinyal ketoasidosis - hilangnya kemampuan tubuh untuk memetabolisme gula.

2. Gatal

Rasa gatal di area ketiak setelah bercukur adalah normal karena pertumbuhan rambut baru.

Tetapi jika rasa gatal tidak berhenti, itu adalah tanda lain bahwa ada sesuatu yang salah di dalam tubuh Anda.

Iritasi parah dapat disebabkan oleh reaksi kulit pada silet, kain pakaian, dan zat yang mengandung krim atau deodoran.

Bintik-bintik merah dan sel-sel mati biasanya muncul bersamaan dengan rasa gatal. Jika ini terjadi, ada kemungkinan kulit Anda memiliki jamur yang harus diobati oleh dokter.

3. Ruam

Salah satu alasan mengapa ketiak muncul ruam serta rasa gatal disebabkan oleh kondisi yang lembab. Apabila kondisi ini semakin dibiarkan, maka akan infeksi.

Selain disebabkan oleh kondisi yang lembab, ketiak yang ruam juga bisa sebabkan oleh gesekan pakaian sehingga menimbulkan iritasi.

4. Rasa Sakit

Perasaan menyakitkan yang muncul di ketiak selepas bekerja dan latihan fisik yang keras adalah hal yang wajar.

Namun, jika perasaan menyakitkan itu bertahan cukup lama, tanpa alasan yang jelas, itu patut diwaspadai. Meskipun jarang terjadi, nyeri ini dapat menandakan pembentukan tumor di kelenjar getah bening.

5. Benjolan

Kelenjar getah bening yang terletak di ketiak tidak terlihat. Tetapi jika Anda menemukan semacam pembengkakan, itu menandakan bahwa kelenjar getah bening Anda dalam bahaya.

Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika peradangan tidak hilang dengan sendirinya dalam waktu seminggu. Ini bisa menjadi tanda yang mengkhawatirkan karena kelenjar getah bening yang membengkak adalah tanda infeksi serius dan bahkan kanker.

TAGS:
metabolismeketiakgatal

RELATED STORIES

Loading interface...