Awas! 7 Makanan Ini Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Ginjal Loh
Ilustrasi garam ( Photo Shutterstock )
Kesehatan

Awas! 7 Makanan Ini Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Ginjal Loh

Minggu, 8 Des 2019 | 11:30 | Muchdi

Winnetnews.com -  Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki perang sangat penting bagi tubuh. Bagian tubuh ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun melalui urine, memproduksi hormon, serta memfilter racun dan cairan berlebih di dalam darah.

Organ tubuh ini menyaring semua zat makanan dan minuman yang masuk ke tubuh. Pentingnya fungsi dari ginjal ini menjadikan tugas penting bagi kita menjaga kesehatannya.

Fungsi penting dari ginjal ini bisa kita jaga dengan memperhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Sejumlah bisa berdampak menjaga kesehatan pada organ tubuh ini.

Namun sejumlah makanan justru memiliki dampak buruk bagi kesehatan ginjal. Dilansir dari Brightside, berikut sejumlah makanan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan ginjal.

1. Avokad

Avokad sering digadang-gadang sebagai salah satu buah kaya nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun ternyata buah satu ini bisa berdampak buruk pada ginjal terutama jika kamu sudah memiliki penyakit ginjal.

Kandungan tinggi potasium pada buah ini menjadi penyebabnya berbahaya bagi ginjal. Walau mineral ini dibutuhkan tubuh, namun terlalu banyak potasium di dalam darah bisa berujung kram di otot serta detak jantung tak beraturan.

2. Daging

Konsumsi terlalu banyak daging bisa menimbulkan masalah pada ginjal karena protein hewani sulit dicerna dan menyebabkan beban berat pada ginjal. Pola makan tinggi protein hewani bisa berujung batu ginjal.

Daging memiliki kandungan purin yang tinggi dan bisa menstimulasi produksi asam urat yang jadi salah satu penyebab batu ginjal. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggantinya dengan lebih banyak sayur.

3. Garam

Terlalu banyak garam bisa berujung pada sejumlah masalah kesehatan pada tubuhmu. Salah satu masalah kesehatan yang mungkin kamu alami adalah terjadinya masalah di ginjal.

Ketika kamu konsumsi terlalu banyak sodium, ginjal di tubuhmu bakal bekerja lebih keras untuk menghulangkannya. Untuk meredakan potensi masalah ini, sebaiknya kamu berhenti mengonsumsi makanan olahan yang biasanya sangat tinggi garam.

TAGS:
ginjalgarampola makan

RELATED STORIES

Loading interface...