Azis Syamsuddin Belum Jadi Tersangka, ICW: KPK Lebih Banyak Kompromi

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Azis Syamsuddin Belum Jadi Tersangka, ICW: KPK Lebih Banyak Kompromi
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin (Foto: ANTARA)

Winnetnews.com -  Koordinator ICW Adnan Topan Husodo menyoroti belum ditangkap dan ditersangkakannya Azis Syamsuddin dalam tiga perkara korupsi berkaitan dengan kepemimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini.

“Saya kira faktornya ada di KPK kalau kita berkaca pada KPK sebelum periode pimpinan sekarang, sebenarnya kan tidak ada kesulitan dalam menangani perkara-perkara korupsi yang melibatkan elit politik sekalipun ya,” kata Adnan Topan Husodo, Kamis (16/9).

“Misalnya bahkan ketua umum partai saja diseret, apalagi ini hanya wakil ketua umum dan wakil ketua DPR. Dulu KPK sampai menyeret Ketua DPR-nya, jadi saya kira lebih ke institusi KPK-nya yang kelihatan memang paska revisi undang-undang KPK lebih banyak melakukan semacam kompromi.”

Menurutnya, hal ini menyebabkan proses penegakan hukum tidak bisa dilakukan dengan cepat, sehingga membuat publik merasa KPK tidak bisa diandalkan untuk menangani perkara besar.

Padahal, lanjut Adnan, pemeriksaan terhadap mantan penyidik KPK Robin Pattuju sudah lama dilakukan.

“Dan dalam dakwaan KPK bahkan disebutkan Azis Syamsudin langsung mentransfer dana untuk Robin gitu ya,” ujarnya.

“Yang itu artinya sudah ada bukti itu sudah ada evidensi yang kuat yang dimiliki oleh KPK sehingga proses hukum itu bisa bisa berjalan dengan cepat.”

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...