Bagi Diet Vegetarian, Ini Nutrisi yang Tidak Didapat dari Tumbuhan
ilustrasi
Kesehatan

Bagi Diet Vegetarian, Ini Nutrisi yang Tidak Didapat dari Tumbuhan

Jumat, 8 Nov 2019 | 07:53 | Rusmanto

Winnetnews.com - Salah satu jenis diet yang cukup banyak diikuti oleh masyarakat adalah vegetarian. Diet jenis ini memperbolehkan seseorang makan apa saja kecuali dari olahan hewani. Mereka hanya mengonsumsi makanan dari sumber nabati saja. Nah, pertanyaannya adalah apakah semua nutrisi sudah pasti terjamin?

Nutrisi yang Tidak Bisa Didapatkan dari Tumbuhan

Karena hanya mengonsumsi produk-produk nabati saja, beberapa pelaku diet vegetarian kerap sekali mengalami kekurangan nutrisi. Nah, nutrisi apa saja yang tidak bisa didapatkan dari tumbuhan, berikut uraian selengkapnya.

1. Vitamin B12

Vitamin B12 adalah salah satu nutrisi yang sangat penting dan eksklusif hanya bisa didapatkan dari produk hewani saja. Kalau ingin mendapatkan vitamin B12, Anda bisa mengonsumsi ikan, daging, telur, dan olahannya secara rutin. Karena eksklusif dari tumbuhan saja, pelaku vegetarian sudah pasti akan kekurangan.

Vitamin B12 memegang perananan penting dalam hal produksi sel darah merah. Vitamin yang larut dalam air ini juga berperan pada fungsi organ lainya. Kalau Anda sampai mengalami defisiensi, kemungkinan besar akan mengalami beberapa gejala atau tanda berikut ini.

  • Tubuh selalu lelah padahal sudah makan dan beristirahat.
  • Ada gangguan pada saraf.
  • Penurunan kemampuan otak dalam menjalankan fungsinya.
  • Kemungkinan mengalami anemia.
  • Kemungkinan gangguan pada jantung.

2. Carnosine

Carnosine adalah antioksidan yang mudah sekali ditemukan di daging, otak, dan beberapa bagian tubuh hewan. Mengonsumsi olahan daging akan membuat kandungan carnosine meningkat. Efeknya, kekuatan otot akan meningkat dan bisa berfungsi dengan maksimal.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan carnosine juga bisa meningkatkan ketahanan dari otot. Bahkan, setelah berolahraga cukup intens, kemungkinan besar akan cepat sembuh. Dengan fungsi yang cukup baik ini, suplemen dengan kandungan carnosine bisa digunakan setelah olahraga.

3. Kreatin

Kreatin adalah molekul yang jarang atau bahkan tidak ada sama sekali pada olahan tumbuhan. Untuk mendapatkan kreatin, tubuh membutuhkan beberapa makanan seperti daging merah. Dengan asupan kreatin yang besar, fungsi otak dan juga otot seseorang akan mengalami peningkatan.

Molekul ini dibutuhkan untuk pertumbuhan otot di dalam tubuh. Itulah kenapa beberapa orang yang suka olahraga kerap menggunakan kreatin sebagai minuman atau makanan pre workout. Selain membantu pertumbuhan otot, fungsi dan kekuatan dari otot juga akan mengalami kenaikan.

Kreatin bisa didapatkan dari mengosumsi cukup banyak daging. Namun, untuk konsumsi lebih instan, saat ini ada kreatin dalam bentuk suplemen yang bisa dicampurkan ke minuman.

TAGS:
diet vegetariannutrisi tumbuhan

RELATED STORIES

Loading interface...