Bagi Penderita Diabetes, ini Minuman yang Boleh dan Dilarang Dikonsumsi
ilustrasi
Kesehatan

Bagi Penderita Diabetes, ini Minuman yang Boleh dan Dilarang Dikonsumsi

Rabu, 4 Des 2019 | 06:59 | Rusmanto
Winnetnews.com - Kita kerap menganggap kalau seseorang yang terkena diabetes, hidupnya akan jadi berantakan. Padahal tidak demikian, seseorang dengan kondisi diabetes sekali pun bisa hidup seperti orang normal dan melakukan aktivitas seperti biasa. Namun, kondisi ini hanya bisa didapatkan kalau menjaga tubuh dan pola makan harian.

Kunci Bertahan dengan Diabetes

Pola makan menjadi kunci utama yang membuat seseorang bisa bertahan dengan kondisi diabetes atau tidak. Kalau mereka asal mengonsumsi makanan seperti saat sedang sehat, gula darah di dalam tubuh bisa saja ikut naik. Itulah kenapa mengendalikan apa yang kita makan adalah sesuatu yang penting.

Selain apa yang dimakan, apa yang kita minum juga harus dikendalikan. Ada banyak minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Kalau Anda mengonsumsi minuman yang dilarang, gangguan pada tubuh bisa saja terjadi.

Minuman yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Selalu berhati-hati adalah kunci utama untuk bisa sehat meski memiliki kondisi diabetes. Kalau Anda ingin mengonsumsi minuman, berikut rekomendasinya.

1. Air Putih

Mengapa air putih baik sekali dan sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes? Jawabannya sederhana saja, Anda tidak akan mendapatkan kalori dengan hanya minum air. Mencukupi kebutuhan air juga membantu Anda dalam mengatasi dehidrasi dan mencegah makan berlebihan.

2. Kopi Tanpa Gula

Dari studi yang dilakukan pada tahun 2002, kopi tanpa gula baik yang memiliki kadar kafein tinggi atau rendah baik untuk cegah diabetes. Mengonsumsi kopi tanpa gula sebanyak 2-3 cangkir sehari bisa menurunkan risiko terkena diabetes.

3. Teh Tanpa Gula

Teh mengandung cukup banyak antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Selanjutnya kalau dikonsumsi secara rutin, tekanan darah juga lebih stabil dan menurunkan risiko diabetes. Ingat, teh yang dikonsumsi harus tanpa gula apa pun jenisnya.

4. Jus Sayuran

Beberapa jenis buah tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena memiliki kandungan gula yang besar. Meski demikian, Anda bisa menggunakan sayuran dan juga tomat kalau ingin mengonsumsi jus sehat. Jangan tambahkan gula setiap membuatnya.

5. Susu Rendah Lemak

Anda boleh mengonsumsi susu rendah lemak sebanyak 1-2 gelas sehari. Selama tidak ditambah gula, susu ini sangat bermanfaat untuk mencukupi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

TAGS:
diabetesminuman

RELATED STORIES

Loading interface...