Bahas Wiranto, Adian Napitupulu: Mendingan Tidak Usah Lah

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Bahas Wiranto, Adian Napitupulu: Mendingan Tidak Usah Lah Sumber foto: tempo.co
Winnetnews.com - Adian Yunus Yusak Napitupulu atau yang biasanya dikenal sebagai anggota DPR RI PDIP menyatakan bahwa dirinya tidak setuju dengan keputusan Wiranto dengan dibentuknya Tim Asistensi Hukum yang tugasnya untuk mengkaji ucapan para tokoh nasional.

Saat ditanya perihal tersebut, ia mengaku tidak mengerti apa tujuan Wiranto membentuk tim tersebut.

“Tidak tahu, saya tidak pernah tahu kenapa Wiranto buat itu. Kalau setuju atau tidak, mendingan tidak usah lah,” ujar Adian saat menghadiri acara Peringatan Tragedi Trisakti 12 Mei 1998 ke 21, Minggu (12/5/19).

Menurutnya, tim bentukan Wiranto tersebut tidak perlu keberadaannya karena pemerintah sudah ada mekanisme dan perangkat hukum yang dapat digunakan untuk menangani permasalahan tersebut.

“Sudah banyak kok perangkat hukum kita yang lain, laksanakan saja perangkat hukum kita yang lain. Jalankan saja dan tegaskan saja mekanisme hukum kita. Kan ada sekian banyak pasal terkait dengan penghinaan ucapan kebencian, dan bla bla bla, tegakkan saja itu. Kalau menurut kita atau saya tidak perlu begitulah,” ujar Adian.

Seperti yang dikabarkan sebelumnya, Wiranto telah menyertakan puluhan tokoh ke dalam Tim Asistensi Hukum tersebut. Walaupun banyak pihak yang merasa tidak perlu dan bahkan tidak setuju, tim hukum bentukan Wiranto tersebut telah disetujui oleh Jokowi selaku presiden dan sudah efektif berjalan serta bertugas memberikan masukan dalam penanganan kasus pelanggaran terkait.

“Kita mengajak pakar-pakar yang di masyarakat, representasi masyarakat, kita ajak bersama-sama untuk menelaah, menganalisis itu,” kata Wiranto, Jakarta, Kamis (9/5/19).

 

 

 

 

 

Penulis : Aldina Putri Nasution
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana