Baju Baru Langsung Dipakai? Awas, Ini Risikonya
Foto: Stocksy/W2 Photography
Lifestyle

Baju Baru Langsung Dipakai? Awas, Ini Risikonya

Rabu, 4 Sep 2019 | 10:35 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Memakai baju baru tak bisa sembarangan. Kita semua tahu baju baru memang menggoda untuk segera dipakai. Namun, kali ini kamu perlu menahan diri kalau tidak ingin timbul ruam di kulit.

Ada baiknya kamu mencuci terlebih dahulu baju yang baru saja kamu beli di toko sebelum benar-benar digunakan beraktifitas. Hal ini untuk menghindari reaksi kulit yang tidak diinginkan. Ada sisa pewarna dispersi pada baju baru yang dapat memicu timbulnya dermatitis kontak alergi.

Dermatolog Susan Nedorost menjelaskan kepada Time bahwa saat melihat dermatitis kontak alergi pada pakaian, itu biasanya berasal dari zat warna.

Memang tidak semua orang akan mendapatkan reaksi alergi yang seragam, namun dermatolog itu menjelaskan bahwa jika kulit terkena paparan residu bahan kimia termasuk sisa pewarna dispersi pada baju baru, kamu bisa terkena risiko alergi dan berbagai penyakit.

Saat tubuh berkeringat, zat pewarna dispersi ini akan larut dan keluar dari pakaian yang kemudian bersentuhan dengan kulit. Yang paling mengkhawatirkan adalah reaksi alergi biasanya tak muncul secara langsung alias tertunda. Ruam bisa saja muncul beberapa hari setelah memakai baju baru yang belum dicuci. Kalau sudah terkena ruam, dampaknya bisa berminggu-minggu. Ruam biasanya muncul di area tubuh yang banyak keringat seperti belakang leher dan ketiak.

Oleh karenanya, Nedorost lebih menyarankan agar selalu mencuci baju baru sebelum dipakai beraktifitas. Tujuannya untuk meluruhkan residu zat kimia yang berisiko tadi. Contohnya zat kimia quinoline, yang diketahui bersifat karsinogen atau memicu kanker.

“Dengan mencuci baju baru, kamu menghilangkan sedikit pewarna dan karenanya memiliki paparan yang lebih rendah,” kata Nedorost.

TAGS:
alergidermatitisbaju barukulitruampewarna dispersiquinoline

RELATED STORIES

Loading interface...