Baku Tembak di Wamena, Tentara Kembali Berduka
Mobil yang digunakan 5 orang KKB yang sebelumnya terlibat baku tembak di Pasar Ajibana, Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (23/08/2019). (Foto: Dok. Humas Polda Papua/Kompas.com)
Nasional

Baku Tembak di Wamena, Tentara Kembali Berduka

Jumat, 23 Agt 2019 | 16:00 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali beraksi dan mengakibatkan satu anggota TNI tewas, Jum'at (23/8/2019). Kali ini aksi penembakan terjadi di Pasar Ajibana, Distrik Wamena, Kabupaten Jayawaijaya, Papua.

Guna memastikan hal tersebut, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 17022/Jayawijaya, Letnan Kolonel Infantri (Letkol Inf.) Candra Dianto segera mengecek lokasi penembakan. Dia mengatakan, lima anggota KKB yang terlibat baki tembak bukan bagian dari Egianus Kogoya.

"Tapi mereka masih memiliki hubungan. Mereka kemarin ada tinggal di kelompoknya yang di Jayawijaya. Egianus sempat tinggal di sana," bebernya seperti dilansir Kompas.com.

Menurut Candra, Egianus yang selama ini berada di Kabupaten Nduga tengah merencanakan sebuah aksi di Wamena. Hanya hal tersebut sudah terdeteksi oleh aparat keamanan dan pada akhirnya terjadi penembakan pada Jumat ini. 

Egianus, katanya, ingin memanfaatkan momen ketika banyak aksi protes atas rasisme yang diterima mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

"Dia (Egianus) berharap ada aksi pengumpulan dan pengerahan massa sehingga dia bisa nyusup di situ. Itu rencananya mereka," ucap Candra.

"Egianus turun, kemarin Egianus dengan kelompoknya ada di Wamena, cuma dia tidak di kota, dia ada di pinggiran kampung, dia masih mengintip-intip di mana mau membuat aksi," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, terjadi penembakan di Wamena antara KKB dan aparat TNI-Polri di Pasar Ajibama, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (23/8/2019). Kapolres Jayawijaya AKBP T Ananda membenarkan informasi tentang adanya kontak senjata dengan KKB di Pasar Ajibawa.

“Ya. Benar kami kontak senjata dengan KKB di Kota Wamena. Kami berhasil melumpuhkan 1 orang,” pungkasnya.. 

TAGS:
Kelompok Kriminal BersenjataKKBPapuaDistrik Wamena

RELATED STORIES

Loading interface...