Banyak Minum Alkohol Membuat Pria Impoten?

Rusmanto
Rusmanto

Banyak Minum Alkohol Membuat Pria Impoten? ilustrasi
Winnetnews.com -  Alkohol digadang-gadang dapat meningkatkan gairah seksual pria saat sedang mabuk. Banyak yang harus diluruskan dari pernyataan tadi. Banyak yang salah kaprah tentang hubungan alkohol dengan ereksi. Apa saja efek alkohol pada ereksi pria? Lalu, tahukah Anda efek alkohol dapat menyebabkan disfungsi ereksi pada pria? Baiknya, Anda simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu disfungsi ereksi?

Disfungsi ereksi adalah suatu kondisi di mana seorang pria tidak mampu mencapai ereksi yang cukup untuk melakukan hubungan seksual. Dalam beberapa kasus, pria mampu mencapai ereksi, tapi tidak dapat bertahan cukup lama untuk menyelesaikan orgasme. Kebanyakan pria malah mengalami kesulitan ereksi. Menurut penelitian, orang-orang dengan disfungsi ereksi akan gagal untuk mencapai orgasme setidaknya 25 persen dari waktu yang ditargetkan. Dan ternyata, salah satu efek alkohol adalah membuat pria jadi lebih sulit ereksi.

Mengapa alkohol bisa bikin sulit ereksi?

Alkohol memengaruhi hormon testosteron pria, yang mengakibatkan libido Anda menurun, yang juga berarti menyebabkan ereksi Anda terganggu.

Begini cara kerjanya: selama ereksi, penis terisi oleh darah lewat pembuluh darah. Untuk mencegah darah mengalir balik agar penis tetap tegak, dibutuhkan sinyal agar suplai darah tetap mengalir selama proses ereksi pria. Tetapi, cara kerja alkohol berbanding terbalik, yaitu dengan mengacaukan sinyal otak agar darah tetap mengalir ke penis. Karena penerimaan sinyal otak, penis, dan darah kacau, maka ereksi tidak akan berjalan baik dan tidak bisa bertahan lama juga.

Alkohol yang juga sebagai zat depresan dapat menurunkan hasrat seksual, dan membuat  pria sulit untuk mencapai ereksi.  Jika berhasil mencapai orgasme, itu juga hanya karena ia berada dalam pengaruh alkohol, bukan karena hasrat seks yang berhasil memuncak.