Beberapa Cara untuk Atasi Jet Lag yang Efektif
ilustrasi
Lifestyle

Beberapa Cara untuk Atasi Jet Lag yang Efektif

Jumat, 24 Jan 2020 | 07:03 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Libur telah tiba! Kini saatnya bagi Anda untuk menikmati liburan dengan jalan-jalan atau travelling ke destinasi impian di luar negeri. Berbicara tentang liburan ke luar negeri, satu kondisi yang pasti akan dialami adalah jet lag atau juga disebut mabuk pascaterbang. Apa itu jet lag? Apa penyebab jet lag? Bagaimana cara mengatasi jet lag? 

Apa Itu Jet Lag?

Jet lag adalah suatu kondisi di mana tubuh mengalami sindrom zona waktu (circadian desynchrony) akibat berpindah dari satu negara ke negara lain yang memiliki zona waktu berbeda. Perpindahan zona waktu yang berlangsung cepat ini lantas menimbulkan gejala jet lag. Semakin jauh beda zona waktu, semakin berat gejala jet lag yang dirasakan.

Penyebab Jet Lag 

Sejumlah faktor menjadi penyebab jet lag pada seseorang yang melakukan perjalanan jauh ke destinasi dengan zona waktu yang berbeda. Nah, berikut beberapa faktor yang menyebabkan Anda mabuk pascaterbang:

1. Terganggunya Irama Sirkadian (Circadian Rhythm)

Manusia memiliki yang namanya irama sirkadian (circadian rhythm), yakni siklus 24 jam yang diatur oleh hipotalamus untuk menghasilkan siklus gelap-terang, di mana tubuh akan secara alami terjaga di siang hari, dan tertidur di malam hari.

Irama sirkadian ini memiliki adaptasi yang lambat terhadap perubahan zona waktu yang terjadi. Nah, pada saat Anda melakukan perjalanan menuju suatu negara yang memiliki zona waktu berbeda, tubuh yang belum sempat beradaptasi lantas mendistraksi irama sirkadian ini lantas mengalami apa yang disebut sebagai jet lag.

Tubuh perlu mengatur ulang ritme sirkadian tersebut yang terkait dengan:

  • Perubahan siang dan malam
  • Perubahan suhu udara
  • Perubahan waktu makan

2. Arah Tujuan Perjalanan

Penyebab jet lag selanjutnya adalah arah tujuan perjalanan Anda. Faktor ini menentukan seberapa parah kondisi jet lag yang akan dialami. Bepergian ke arah timur akan menghasilkan efek jet lag yang lebih berat ketimbang arah barat. Hal ini dikarenakan saat bepergian ke arah barat, hari yang akan dilewati lebih panjang sehingga tubuh jadi mempunyai waktu untuk menyesuaikan diri.

3. Zona Waktu yang Dilewati

Seberapa banyak zona waktu yang dilewati juga jadi penyebab jet lag pada seseorang. Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan bahwasanya jet lag dialami oleh sekitar 30 juta orang yang bepergian dengan melewati 5 zona waktu dan/atau lebih.

Selain ketiga penyebab jet lag di atas, faktor risiko jet lag lainnya meliputi:

  • Istirahat (tidur) yang kurang
  • Tubuh kekurangan cairan
  • Usia
  • Stres
TAGS:
jet lagpenerbangan

RELATED STORIES

Loading interface...