Beberapa Gejala Penyakit Tipes yang Harus Diwaspadai
ilustrasi
Kesehatan

Beberapa Gejala Penyakit Tipes yang Harus Diwaspadai

Selasa, 23 Feb 2021 | 11:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang umum di Indonesia, dan bisa dialami oleh orang dewasa hingga anak-anak. Penyakit ini tidak boleh disepelekan. Jika tidak ditangani dengan baik, gejala tipes bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, kenali ciri-ciri tipes dari yang ringan sampai parah berikut ini.

Kapan gejala tipes muncul?

image0

Tipes menular melalui ketika bakteri penyebab tipes, Salmonella typhi, menyebar dari makanan atau air minum kotor yang Anda konsumsi. Namun, gejala tipes umumnya tidak akan langsung muncul segera setelah Anda makan atau minum sesuatu yang sudah terkontaminasi bakteri Salmonella typhi.

Gejala tifus baru akan muncul setelah masa inkubasi bakteri usai. Masa inkubasi adalah rentang waktu dari sejak pertama kali bakteri masuk ke dalam tubuh (lewat makanan atau minuman) sampai kemunculan gejala yang pertama.

Biasanya gejala mulai muncul dalam 7-14 hari setelah Anda terpapar bakteri. Paling lambat, gejalanya baru terasa dalam 30 hari kemudian. Namun, jika kekebalan tubuh Anda lemah, gejala paling cepat dapat muncul dalam 3 hari.

Gejala tipes sering dianggap sebagai sebuah penyakit. Padahal, itu merupakan kumpulan kondisi yang menandakan Anda terinfeksi bakteri Salmonella typhi. 

Istilah “penyakit gejala tipes” yang populer di masyarakat Indonesia merujuk pada penyakit dengan sekumpulan gejala yang mirip atau serupa dengan gejala tipes. Namun, kondisi itu mungkin disebabkan oleh kuman lain, selain Salmonella typhi. 

TAGS:
kesehatanTipes

RELATED STORIES

Loading interface...