Beberapa Hal Berikut Ini Bisa Memicu Munculnya Prediabetes
ilustrasi
Kesehatan

Beberapa Hal Berikut Ini Bisa Memicu Munculnya Prediabetes

Minggu, 4 Agt 2019 | 10:17 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Salah satu hal penting yang menandakan seseorang mengalami diabetes adalah kadar gula darah yang tinggi. Namun sebenarnya, ketika Anda baru sekali memeriksa gula darah dan hasilnya itu tergolong tinggi, Anda tidak bisa langsung dibilang diabetes Kondisi ini harus dipastikan lagi dengan berbagai tes medis lainnya. Akan tetapi, mungkin saja saat itu Anda berisiko mengalami prediabetes. Seseorang yang mengalami prediabetes berpeluang lebih besar terkena diabetes nantinya. Maka itu, supaya tidak terkena diabetes, Anda juga mesti tahu dulu apa saja faktor risiko seseorang mengalami prediabetes.

Kadar gula darah ketika terkena prediabetes

Prediabetes adalah kondisi ketika kadar gula darah lebih dari rata-rata normal tapi tidak sampai setinggi ketika seseorang mengalami diabetes.

Menurut Perkumpulan Endokrinologi Indonesia, seseorang yang mengalami prediabetes biasanya ditandai dengan kondisi toleransi glukosa terganggung (TGT) atau gula darah puasanya terganggu (GDPT).

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami GDPT atau TGT, Anda harus melakukan serangkaian pemeriksaan darah terlebih dahulu.

Jadi pada awalnya, dokter akan meminta Anda untuk puasa selama 8 jam. Setelah itu, dokter akan mengambil sampel darah dan mengukur kadar gula darah puasa (GDP) Anda.

Setelah diketahui berapa nilai GDP, Anda akan diminta minum cairan yang mengandung glukosa 75 gram. Kemudian, tes darah kembali dilakukan setelah 2 jam larutan diminum. Tes ini dilakukan untuk mengetahui nilai toleransi glukosa oral (TTGO).

Kadar gula darah  dan toleransi gluksoda oral yang normal, yaitu:

  • GDP: kurang dari 100 miligram/desiliter (mg/dL)
  • TTGO: kurang dari 140 mg/dL

Jika hasil tes Anda menunjukkan nilai GDP normal tapi kadar TTGO 140 hingga 199 mg/dL, artinya tolreansi glukosa Anda terganggu (TGT). Kondisi ini juga menandakan bahwa Anda terkena prediabetes.

Kondisi prediabetes juga terjadi bila kadar TTGO normal sedangkan nilai GDP 100 sampai 125 mg/dL. Kondisi tersebut menandakan bahwa pengaturan gula darah puasa Anda terganggu (GDPT). Maka itu, Anda mengalami prediabetes.

Bila hal ini terjadi, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut agar Anda masih bisa mencegah diabetes.

TAGS:
diabetespradiabetes

RELATED STORIES

Loading interface...