Beberapa Hal yang Bisa Jadi Penyebab Gusi Bengkak

Rusmanto

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

Beberapa Hal yang Bisa Jadi Penyebab Gusi Bengkak
ilustrasi
Winnetnews.com -  Sama halnya dengan gigi, gusi juga rentan bermasalah. Salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan adalah gusi bengkak. Penyebabnya pun beragam, mulai dari yang ringan hingga tanda dari kondisi medis serius. Mengetahui berbagai penyebab gusi bengkak dapat mempermudah pengobatannya jika sewaktu-waktu Anda mengalami kondisi ini.

Penyebab gusi bengkak yang paling umum

Infeksi yang terjadi pada gusi bisa membuat area tersebut jadi membengkak. Dikutip dariMedlineplus, pembengkakan gusi merupakan hal yang sering terjadi.

Selain rasa sakit nyut-nyutan, gusi bengkak biasanya juga menyebabkan bau mulut menyengat dan munculnya benjolan bernanah di gusi atau bawah gigi yang terinfeksi.

Beberapa hal di bawah ini bisa menjadi penyebab gusi Anda bengkak:

1. Menyikat gigi terlalu keras

Jika tenaga yang Anda kerahkan untuk menggosok gigi sama kuatnya seperti saat menggosok lantai kamar mandi, tentu ini dapat merusak jaringan gusi. Alih-alih bikin gusi bersih mengkilap, terlalu keras menggosok gigi menyebabkan gusi jadi luka, berdarah, dan akhirnya membengkak.

Jaringan gusi yang rusak dapat menyebabkan garis gusi melonggar turun sehingga membiarkan sebagian akar gigi Anda terbuka. Ini pada akhirnya dapat memicu kemunculan gejala-gejala gigi sensitif.

Maka, sikat gigilah dengan tenaga sewajarnya dan pastikan jugacara menggosok gigi Anda sudah benar. Gunakan sikat gigi yang berbulu halus dan lebar kepala sikatnya pas dengan lebar mulut Anda.

2. Gingivitis

Gingivitis adalah penyakit yang paling sering menjadi penyebab gusi iritasi meradang dan bengkak. Gingivitis biasanya disebabkan karena kebersihan mulut yang buruk.

Sisa makanan yang terselip di sela gigi dan gusi lambat laun akan berkembang menjadi plak. Plak yang tidak dibersihkan akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Nah, karang gigi inilah yang akan menjadi penyebab gingivitis.

Gigi yang kotor juga rentan berlubang dan bisa memicu kemunculan abses (benjolan bernanah) pada gusi sehingga membuatnya tampak bengkak.

Gingivitis dapat dicegah dan diatasi dengan selalu menjaga kesehatan mulut. Pastikan selalu rajin menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Anda juga sangat dianjurkan untuk menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut di celah gigi.

3. Periodontitis

Kondisi ini terjadi ketika adanya infeksi gusi yang cukup serius sehingga merusak jaringan lunak serta tulang penyokong gigi.

Perlu diketahui,periodontitis merupakan kelanjutan dari gingivitis yang sudah parah. Tidak hanya gusi yang bengkak dan berwarna merah, kondisi ini juga dapat membuat gusi berdarah, keluar nanah, menyusut, serta bau mulut terus menerus.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...