Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Vaksin Meningitis
ilustrasi
Kesehatan

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Vaksin Meningitis

Sabtu, 7 Mar 2020 | 06:27 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Vaksin meningitis merupakan persiapan wajib untuk jemaah yang akan menjalani ibadah haji. Agar kebugaran tubuh terjaga selama ibadah, salah satu syarat yang wajib dipenuhi adalah vaksin meningitis.

Sebelum itu, ketahui seputar vaksin meningitis dan mengapa Anda perlu mendapatkannya sebelum ibadah haji. 

Mengenal meningitis dan alasan penting untuk vaksin sebelum berkunjung ke Arab Saudi

Terdapat empat vaksin wajib yang Anda harus peroleh sebelum berangkat ibadah haji, salah satunya meningitis. Ada beragam jemaah yang turut ibadah haji di tanah suci. Mereka datang dari negara berbeda yang kita tidak tahu seperti apa riwayat kesehatan mereka. Saat ibadah kemungkinan penularan penyakit lebih besar, termasuk penyakit meningitis.

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention, wilayah Afrika Sub-Sahara dijuluki sebagai meningitis belt. Karena persebaran penyakit ini lebih tinggi pada wilayah tersebut. 

Tak menutup kemungkinan jemaah yang datang dari wilayah Afrika. Namun, meningitis bisa datang dari negara manapun. Maka itu, pemerintah Arab Saudi mengimbau setiap jemaah yang akan menjalankan ibadah haji untuk mendapatkan vaksin meningitis.

Penyakit menigitis kebanyakan disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis, tetapi dapat disebabkan juga oleh virus. Penyakit ini dapat menyerang anak, remaja, hingga orang dewasa.

Meningitis memiliki gejala awal hampir mirip seperti flu, serta diiringi dengan tanda-tanda di bawah ini.

  • demam
  • sakit kepala
  • leher kaku
  • mual dan muntah
  • sensitif terhadap cahaya
  • tidak dapat berkonsentrasi

Meningitis dapat ditularkan melalui batuk, pilek, dan berciuman. Ketika bakteri meningitis ada di tenggorokan atau hidung individu, penularannya akan semakin mudah dalam lingkungan banyak orang, seperti di barak militer, asrama, di dalam rumah, termasuk ketika ibadah haji.

Maka itu, ketahui seputar persiapan vaksin meningitis untuk jemaah yang akan menjalankan ibadah haji.

TAGS:
miningitisibadah haji

RELATED STORIES

Loading interface...