Beberapa Khasiat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Khasiat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh ilustrasi
Winnetnews.com -  Masih banyak orang yang menyepelekan olahraga jalan kaki. Meski terkesan sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan, dalam realitanya berjalan kaki bisa memberikan manfaat kesehatan yang besar. Salah satunya adalah mengendalikan kadar gula darah dengan efektif.

Dampak berjalan kaki bagi risiko diabetes

Berdasarkan sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa rutin berjalan kaki dalam waktu 15 menit saja setelah makan, baik itu sarapan pagi, makan siang, atau makan malam akan membantu tubuh mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik. Dampak ini bahkan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan berjalan kaki selama 45 menit dalam sekali waktu saja.

Melihat fakta ini, melakukan berjalan kaki setelah makan bisa membantu menurunkan risiko diabetes. Bagi penderita diabetes, hal ini juga bisa membuat risiko terkena komplikasi bisa diturunkan dengan signifikan.

Pakar kesehatan menyebut hal ini disebabkan oleh kemampuan berjalan kaki dalam mempengaruhi metabolisme tubuh dan sensitivitas insulin. Dengan adanya produksi insulin yang cukup, maka gula darah pun bisa diubah menjadi energi sehingga tidak akan memicu lonjakan kadar gula darah yang berbahaya.