Beberapa Komplikasi Diabetes yang Harus Diwaspadai
ilustrasi
Kesehatan

Beberapa Komplikasi Diabetes yang Harus Diwaspadai

Jumat, 3 Apr 2020 | 07:31 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Diabetes melitus adalah salah satu penyakit umum di Indonesia yang tentunya berbahaya jika tidak segera ditangani. Pasalnya, ada sejumlah komplikasi serius yang akan dialami oleh penderita jenis diabetes yang satu ini apabila dibiarkan berlarut-larut. Apa saja komplikasi diabetes melitus tersebut? Simak informasinya berikut ini!

Apa Itu Diabetes Melitus?

Diabetes melitus adalah penyakit metabolik di mana kadar gula darah (glukosa) di dalam tubuh melebihi kadar normal. Penyakit ini disebabkan oleh ketidakmampuan pankreas untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang memadai. Atau, pankreas mampu memproduksi insulin dalam jumlah cukup namun tubuh tidak dapat menggunakannya secara optimal.

Padahal, insulin bertugas untuk menghantarkan glukosa menuju sel-sel tubuh untuk selanjutnya digunakan sebagai sumber energi maupun menunjang fungsi tubuh. Alhasil, terjadilah penumpukan glukosa yang disebut sebagai diabetes tersebut.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan seseorang mengalami diabetes melitus, yaitu:

  • Gangguan autoimun
  • Genetik
  • Gaya hidup (gemar mengonsumsi makanan tinggi gula, malas berolahraga, dsb.)
  • Kehamilan

Komplikasi Diabetes Melitus

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), komplikasi diabetes melitus secara umum terbagi ke dalam 2 (dua) kategori yakni:

  • Komplikasi mikrovaskular
  • Komplikasi makrovaskular

Komplikasi mikrovaskular adalah kategori komplikasi yang ditimbulkan manakala penyakit ini menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil. Jenis komplikasi yang ditimbulkan seperti kerusakan mata, saraf, dan ginjal.

Sedangkan komplikasi makrovaskular terjadi ketika penyakit telah mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah besar. Komplikasi yang ditimbulkan seperti gangguan aliran darah, penyakit jantung, dan stroke.

TAGS:
kesehatandiabetes melitusrambut rontok

RELATED STORIES

Loading interface...