Beberapa Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh
ilustrasi
Kesehatan

Beberapa Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 7 Sep 2019 | 08:30 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Donor darah adalah salah satu aktivitas yang memiliki manfaat sekaligus risiko. Meski seorang pendonor berisiko mengalami gangguan kesehatan, banyak orang yang bergantung dari pendonor darah untuk melanjutkan hidupnya. Simak penjelasan lengkap manfaat donor darah dan efek samping donor darah di bawah ini.

Manfaat Donor Darah

Perlu diketahui bahwa manfaat donor darah dan efek donor darah setiap orang berbeda-beda. Langkah awal yang harus dilakukan sebelum donor darah adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah dan penyakit menular

Mereka yang memiliki kondisi medis seperti AIDS dan hepatitis sebaiknya tidak mendonorkan darahnya. Selain itu, seseorang yang baru saja mendapatkan vaksinasi, baru menjalani operasi, penderita kanker, diabetes, pilek, hingga flu harus konsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mendonorkan darah.

Berikut ini adalah manfaat donor darah yang berguna bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Menurut sebuah penelitian, manfaat donor darah bisa mengurangi risiko serangan jantung hingga 88 % meski donor darah hanya dilakukan satu tahun sekali.

Perlu diketahui bahwa, tingginya kadar zat besi di dalam darah bisa mengerutkan pembuluh darah dan meningkatkan risiko serangan jantung lebih tinggi. Menguras endapan zat besi berlebih dengan menyumbangkan darah bisa menurunkan risiko masalah jantung.

2. Mengidentifikasi Masalah Kesehatan

Salah satu syarat untuk melakukan donor darah adalah terbebas dari penyakit berbahaya seperti HIV hingga hepatitis. Nah, untuk mengetahui status kesehatan, biasanya seseorang harus melakukan medical check up.

Sementara, medical check up gratis bisa dilakukan setahun dua kali ketika Anda ingin melakukan donor darah. Anda tidak perlu membayar karena prosedur ini gratis.

Selain gangguan kesehatan serius, gangguan ringan seperti tekanan darah rendah juga bisa membuat seseorang tidak bisa melakukan donor darah. Mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatan dapat membuat Anda lebih dini untuk melakukan penanganan.

3. Mencegah Terjadinya Hemokromatosis

Manfaat donor darah berikutnya adalah menurunkan risiko terjadinya hemokromatosis. Hemokromatosis adalah kondisi kesehatan yang timbul karena penyerapan zat besi berlebih oleh tubuh.

Kondis ini mungkin diturunkan atau mungkin disebabkan karena alkoholisme, anemia atau gangguan lainnya. Manfaat donor darah secara teratur dapat membantu mengurangi kelebihan zat besi. Pastikan syarat donor darah sudah memenuhi kriteria kelayakan donor.

4. Meredakan Stres

Jika aktivitas donor darah yang dilakukan bisa memengaruhi kehidupan seseorang, hal itu bisa mengurangi tingkat stres dan membuat kondisi mental Anda lebih baik. Dampak lanjutannya hidup Anda akan dipenuhi oleh pikiran-pikiran positif.

Melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain bisa membuat seseorang lebih bahagia. Kesehatan psikologis yang didapatkan ternyata juga bisa memengaruhi kesehatan fisik.

TAGS:
donor darahkesehatan

RELATED STORIES

Loading interface...