Beberapa Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh
ilustrasi
Kesehatan

Beberapa Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 25 Nov 2019 | 13:54 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Manfaat jahe salah satunya sebagai rempah yang berguna untuk membuat masakan terasa lebih lezat. Namun, tidak hanya sebagai penyedap masakan saja, khasiat jahe lainnya yakni untuk menjaga kesehatan serta merawat kecantikan tubuh. Ini juga didukung oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa jahe dapat dijadikan sebagai obat herbal yang membantu menyembuhkan berbagai penyakit dan juga sebagai perawatan kecantikan.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Selain sebagai bumbu masakan, berikut sejumlah manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Meredakan Kembung

Jika perut Anda sering mengalami perut kembung akibat masuk angin atau gangguan pencernaan lainnya, Anda bisa mengonsumsi secangkir teh jahe. Sebab, secangkir teh jahe dapat membantu mengosongkan perut Anda yang telah dipenuhi oleh makanan.

Manfaat jahe untuk kesehatan juga bisa membantu mengatasi rasa mual, terutama bagi Anda yang baru saja dalam masa pemulihan diri dari kemoterapi.

2. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Seperti yang Anda tahu jika kolesterol Anda naik, maka akan berdampak buruk pada kesehatan, seperti meningkatkan risiko serangan jantung, darah tinggi, dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi jahe secara rutin. Manfaat jahe untuk kesehatan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga dapat mengencerkan gumpalan darah.

3. Menyehatkan Pencernaan

Senyawa fenolik pada jahe diketahui membantu meredakan iritasi gastrointestinal (GI), menstimulasi produksi air liur dan empedu, dan menekan kontraksi lambung saat makanan dan cairan bergerak melalui saluran pencernaan.

Pada saat yang sama, khasiat jahe juga tampaknya memiliki efek menguntungkan pada enzim tripsin dan lipase pankreas, dan untuk meningkatkan motilitas melalui saluran pencernaan. Ini menunjukkan bahwa manfaat air jahe bisa membantu mencegah kanker usus besar dan sembelit.

4. Menurunkan Gula Darah bagi Penderita Diabetes

Menambahkan jahe ke dalam masakan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Menurut sebuah penelitian pada penderita diabetes tipe 2,  hasilnya bahwa mereka yang mengonsumsi 1.600 miligram bubuk jahe selama 12 minggu telah meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan trigliserida, dan menurunkan kolesterol total jika dibandingkan yang tidak mengonsumsi jahe.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Bahan bumbu dapur ini mungkin menjadi salah satu senjata ampuh untuk melawan keganasan kanker. Karena menurut para peneliti bahwa jahe mengandung gingerol (senyawa aktif dalam jahe) yang mampu melawan kanker.

Jadi, Jahe dapat membantu pencegahan dan pengobatan kanker gastrointestinal. Jage juga mengandung antioksidan yang tinggi mungkin dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker.

TAGS:
kesehatanmanfaat jahekecantikan

RELATED STORIES

Loading interface...