Beberapa Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh
ilustrasi
Kesehatan

Beberapa Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 23 Jan 2020 | 12:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Manfaat daun jambu biji sudah lama dikenal dapat mengobati diare. Ternyata tidak hanya itu, daun ini berkhasiat mengatasi berbagai kondisi kesehatan, termasuk sebagai anti-bakteri hingga anti-tumor, lho!

Apa yang membuat daun jambu biji berkhasiat adalah karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, di antaranya antioksidan yang tinggi, vitamin C, potasium, dan serat. Daun jambu biji dapat diolah menjadi teh herbal dan ekstrak daunnya sebagai suplemen.

Manfaat Daun Jambu Biji

Untuk mengetahui apa saja khasiatnya, berikut ini daftar khasiat daun jambu biji bagi kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Diare

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yang pertama adalah mengatasi diare. Daun jambu biji  telah dikenal luas sebagai obat alami yang dapat mengatasi diare.

Menurut studi yang dilansir Healthline, ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi diare. Beberapa penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa ekstrak dari daun ini bersifat antimikroba, yang mampu menetralkan mikroba penyebab diare

Anda bisa mendapatkan ekstrak daun jambu biji di apotek-apotek terdekat untuk diminum saat kita mengalami diare, khususnya diare akut. Selain itu, Anda bisa merebus daun jambu biji sebanyak 30 gram dengan segenggam tepung beras di dalam 1 sampai 2 gelas air hingga mendidih. Setelah didinginkan, saring dan minum dua kali sehari.

2. Mengontrol Diabetes

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yakult Central Institute di Jepang, teh daun jambu biji secara efektif dapat menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes, dengan mengurangi aktivitas enzim alpha-glukosidase.

Selain itu, dapat mencegah penyerapan sukrosa dan maltosa oleh tubuh, sehingga menurunkan kadar gula darah. Minum teh daun jambu biji secara rutin selama 12 minggu menurunkan kadar gula darah tanpa meningkatkan produksi insulin.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Menumpuknya kadar kolesterol dalam tubuh tentu bisa menimbulkan berbagai penyakit. Rajin mengonsumsi daun jambu biji, secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam pembuluh darah yang berlebihan, sehingga secara tidak langsung hal tersebut dapat mencegah penyumbatan darah, serangan jantung, atau stroke.

TAGS:
daun jambu bijiberat badan

RELATED STORIES

Loading interface...