Beberapa Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh
ilustrasi
Kesehatan

Beberapa Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 7 Mar 2020 | 13:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Temulawak adalah salah satu tanaman khas Indonesia yang sering digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma zanthorrhiza ini sudah sejak lama telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Simak penjelasan lengkap mengenai manfaat temulawak di bawah ini.

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat temulawak, perlu Anda ketahui bahwa temulawak termasuk famili Zingiberaceae dengan bagian yang sering dimanfaatkan adalah rimpangnya. Hal itu disebabkan karena rimpang temulawak mengandung obat antioksidan. Hal itu disebabkan karena adanya flavonoid, fenol serta kurkumin.

Berikut adalah berbagai manfaat temulawak bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Khasiat temulawak yang pertama dan paling sering digunakan adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan. Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang mengalami kolitis ulseratif menunjukkan kondisi yang semakin membaik setelah rutin mengonsumsi temulawak.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat temulawak yang satu ini sepertinya bisa dimanfaatkan bagi orang tua yang memiliki anak dengan nafsu makan yang rendah. Temulawak dipercaya bisa menjadi obat yang ampuh untuk meningkatkan nafsu makan anak. Temulawak dapat mempercepat proses pengosongan perut sehingga nafsu makan akan segera meningkat kembali. Berikan temulawak pada anak dalam bentuk yang sudah diekstrak agar aman dan nyaman saat dikonsumsi.

3. Mengobati Kanker

Temulawak dipercaya mengendalikan, mencegah, dan bahkan membunuh berbagai jenis kanker termasuk kanker usus besar dan payudara. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan curcuma di dalamnya mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat. Efek pencegahannya diasumsikan didukung oleh aktivitas antioksidannya yang melindungi sel-sel dari kerusakan.

4. Meningkatkan Daya Tahan

Meski semua bagian dari temulawak dapat dimanfaatkan, akan tetapi rimpang adalah bagian yang paling banyak digunakan. Rimpang terdiri dari berbagai jenis senyawa seperti amylase, phenolase, lemak, starch, mineral, phenol derivatives (curcuminoids), dan minyak atsiri. Beberapa senyawa tersebut efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh lebih optimal.

TAGS:
temulawakviruspenyakit kronis

RELATED STORIES

Loading interface...