Beberapa Minuman yang Bisa Turunkan Asam Lambung
ilustrasi
Kesehatan

Beberapa Minuman yang Bisa Turunkan Asam Lambung

Senin, 30 Sep 2019 | 19:25 | Rusmanto
Winnetnews.com - Salah satu masalah kesehatan yang cukup merepotkan dan bisa menyerang siapa saja adalah heartburn atau asam lambung tinggi. Masalah ini bisa memicu sensasi terbakar pada dada sehingga membuat kita merasakan sensasi sangat tidak nyaman. Hanya saja, benarkah jika minum susu bisa meredakan masalah kesehatan ini?

Minum Susu Bisa Meredakan Asam Lambung Tinggi

Tak hanya karena faktor riwayat kesehatan, asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan juga bisa terjadi akibat pola makan yang buruk. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat untuk meredakan dan mencegahnya.

Salah satu minuman yang disebut-sebut bisa mengatasi masalah asam lambung adalah susu. Minuman yang dikenal bisa mendukung pertumbuhan anak dan kesehatan tulang ini disebut-sebut mampu meredakan masalah asam lambung dengan efektif karena memiliki kandungan kalsium dan protein yang tinggi.

Dalam penelitian yang melibatkan sekitar 11.700 partisipan ini, dihasilkan fakta bahwa ada kaitan erat antara konsumsi kalsium dalam jumlah tinggi dan penurunan kadar asam lambung. Hanya saja, efek ini baru diketahui terjadi pada pria saja.

Kalsium dianggap bisa membuat asam menjadi lebih netral. Selain itu, mineral ini baik bagi otot dan tulang. Sebagai informasi, orang-orang yang mengalami masalah kenaikan asam lambung biasanya memiliki otot esofagus yang lemah. Otot inilah yang berperan sebagai katup yang menahan asam lambung dan isi perut naik kembali ke kerongkongan.

Asupan kalsium disebut-sebut bisa membuat otot esofagus menguat hingga 40 persen. Hal ini tentu akan membuat kenaikan asam lambung bisa dicegah dengan signifikan.

Sementara itu, kandungan protein di dalam susu disebut-sebut bisa menurunkan dampak dari asam lambung tinggi. Fakta ini terungkap dalam penelitian yang melibatkan 217 partisipan yang menderita kondisi kesehatan ini.

TAGS:
Asam Lambungminuman

RELATED STORIES

Loading interface...