Beberapa Obat Mual Muntah, yang Medis dan Alami
ilustrasi
Kesehatan

Beberapa Obat Mual Muntah, yang Medis dan Alami

Rabu, 1 Apr 2020 | 11:54 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Mual adalah reaksi dari ketidaknyamanan perut dengan sensasi ingin memuntahkan isi perut. Ini terjadi karena berbagai penyebab seperti pengaruh makanan, obat-obatan tertentu, atau kondisi kesehatan lainnya. Ketahui cara mengatasinya dengan obat mual muntah secara medis dan alami.

Obat Mual Muntah Secara Medis

Terdapat berbagai penyebab mual muntah seperti perut sensitif terhadap makanan tertentu dan kondisi medis seperti sakit maag, GERD, infeksi, virus, mabuk perjalanan, sakit perut, dan lainnya.

Indikasi mual dan muntah biasa dapat ditangani dengan obat-obatan medis, seperti:

1. Promethazine

Promethazine adalah obat resep untuk mengobati beberapa indikasi seperti mual dan muntah akibat mabuk perjalanan, alergi, nyeri pasca operasi, insomnia, kecemasan sebelum operasi, dan mungkin digunakan untuk indikasi lain yang tidak tercantum dalam informasi kesehatan ini.

Promethazine termasuk dalam kelas obat antihistamin yang bekerja dengan cara mencegah pelepasan zat histamin dari sel-sel tertentu dalam tubuh. Zat histamin umumnya dilepaskan saat Anda terpapar alergi yang menyebabkan mual dan muntah.

Dosis obat promethazine untuk mabuk perjalanan adalah 25 mg tablet promethazine yang diminum sesegera mungkin sebelum Anda bepergian. Dosis kedua diminum pada malam hari dan dosis ketiga diminum di malam berikutnya.

Dosis obat promethazine untuk mengatasi mual dan muntah umum adalah 25 mg di malam hari, dosis dapat meningkat menjadi 50-75 mg di malam hari, atau 25 mg 2-3 kali per hari bila perlu. Dosis maksimum yang diperbolehkan adalah 100 mg per hari. Hubungi dokter untuk petunjuk resep dan aturan obat yang tepat.

2. Metoclopramide

Metoclopramide adalah obat dalam golongan antiemetik untuk mengobati gejala refluks gastroesofageal (GERD) termasuk mual, muntah, mulas, tidak nafsu makan, dan merasa kenyang lama setelah makan. Obat ini dapat mencegah mual dan muntah dengan cara memblokir reseptor dalam tubuh yang memicu terjadinya mual dan muntah.

Dosis metoclopramide untuk mengatasi mual dan muntah pada dewasa adalah 10 mg obat oral atau 0,5 mg/BBkg setiap hari. Dosis maksimal adalah 30 mg per hari dengan perawatan maksimal selama 5 hari.

Terdapat beberapa jenis obat mual muntah lainnya secara medis sesuai dengan kondisi medis yang mendasarinya. Hubungi dokter untuk petunjuk resep dan aturan obat yang tepat.

TAGS:
kesehatanobat mualobat muntah

RELATED STORIES

Loading interface...