Beberapa Penyakit Kulit yang Diderita Pengidap Diabetes
ilustrasi
Kesehatan

Beberapa Penyakit Kulit yang Diderita Pengidap Diabetes

Kamis, 25 Jun 2020 | 06:02 | Rusmanto

Winnetnews.com - Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Penyakit kronis ini tentu berpengaruh pada sejumlah perubahan bagi organ-organ tubuh, tak terkecuali kulit. Ada beberapa penyakit kulit yang lebih rentan dialami oleh para pasien diabetes.

Penyakit kulit yang kerap diderita pasien diabetes

Berbagai masalah kulit berikut ini biasanya terjadi sebagai komplikasi dari penyakit diabetes bagi para penderitanya (diabetesi). Hanya saja, terkadang beberapa penyakit kulit ini juga bisa menjadi sebuah tanda awal kemunculan penyakit diabetes.

1. Dermopati diabetik

image0

Dermopati diabetik adalah penyakit kulit yang paling umum diderita pasien diabetes. Penyebabnya, diabetes dapat memberikan perubahan pada pembuluh darah kecil yang memasok kulit dengan darah. Perubahan tersebut memunculkan bercak bersisik warna coklat muda atau merah.

Bercak yang biasanya muncul pada bagian depan kaki ini tidak melepuh dan tidak memicu reaksi seperti gatal atau nyeri. Terkadang, orang-orang keliru menganggapnya sebagai tanda penuaan. Meski demikian, Dermopati diabetik umumnya tidak memerlukan perawatan khusus.

2. Necrobiosis lipoidica diabeticorum (NLD)

NLD merupakan kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan padat kecil yang tampak seperti jerawat. Saat dibiarkan, benjolan ini dapat tumbuh menjadi bercak kulit yang membengkak dan berubah warna menjadi kuning, kemerahan, atau kecoklatan dengan garis tepi berwarna ungu kebiruan.

Penyakit ini disebabkan oleh perubahan pembuluh darah dan biasanya menyerang area tungkai bawah kaki. Meski biasanya tidak berbahaya, NLD juga dapat berujung pada komplikasi yang lebih parah sehingga para diabetesi harus waspada.

TAGS:
diabetespenyakit kulit

RELATED STORIES

Loading interface...