Beberapa Tips Agar Flu Cepet Sembuh
ilustrasi
Kesehatan

Beberapa Tips Agar Flu Cepet Sembuh

Sabtu, 4 Apr 2020 | 07:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Penyakit flu atau influenza kerap menyerang saat musim hujan datang. Ketika satu orang terserang flu, orang yang berada di sekitarnya rentan tertular, terutama bila sistem kekebalan tubuhnya sedang menurun. Oleh karena itu, penting untuk menyembuhkan flu dengan cepat agar minim terjadi penularan.

Sebenarnya, flu bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, bila tetap dibiarkan, penyembuhannya bisa lambat. Oleh karena itu, ada baiknya kita melakukan perawatan yang tepat agar flu bisa cepat sembuh. Bagaimana mengobati flu yang tepat dan cepat? Simak ulasan berikut.

7 Tips menyembuhkan flu dengan cepat

Flu adalah penyakit akibat infeksi virus influenza yang menyerang sistem pernafasan. Penularan flu terjadi melalui udara ketika seseorang yang terinfeksi mengeluarkan cairan saat batuk, bersin, atau bicara. Secara tidak sengaja, cairan tersebut terhirup orang lain atau melalui bakteri yang menempel pada suatu benda.

Untuk meminimalkan penularan, ada baiknya kita menyembuhkan flu dengan cepat. Anda bisa memulai perawatan untuk flu dari rumah. Berikut tips yang bisa Anda lakukan:

1. Beristirahat di rumah

Saat terkena flu, tubuh Anda membutuhkan waktu dan energi untuk melawan virus yang menyerang. Oleh karena itu, Anda perlu beristirahat di rumah sementara waktu hingga flu membaik dan cepat sembuh.

Beri tahu atasan Anda di kantor atau guru Anda di sekolah bahwa flu yang Anda derita bisa menular dan Anda membutuhkan istirahat sejak gejala flu sudah mulai terasa.

2. Perbanyak asupan cairan

Ketika terserang flu, tubuh Anda membutuhkan banyak cairan karena demam yang dirasakan bisa menyebabkan Anda mengeluarkan banyak keringat. Oleh karena itu, perbanyaklah minum agar flu Anda cepat sembuh.

Tidak harus selalu air putih, Anda bisa menambahkan minum jus buah atau teh dengan madu. Madu diyakini dapat meringankan sakit tenggorokan dan batuk yang merupakan salah satu gejala dari penyakit flu.

Bahkan makan makanan yang berkuah, seperti sup ayam, pun direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan cairan saat flu. Hindari pula minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

Dengan perbanyak cairan, sistem pernafasan Anda akan tetap terhidrasi dan juga membantu lendir yang kental menjadi lebih cair sehingga bisa dikeluarkan lewat batuk atau diludahkan. Hal ini baik agar lendir tersebut tidak menumpuk di paru-paru yang bisa menyebabkan Anda terkena infeksi.

3. Tidur dengan cukup

Tidur merupakan obat terbaik ketika Anda sedang sakit, termasuk flu. Tidurlah lebih cepat dari biasanya. Bahkan, Tidur siang juga bisa membantu Anda menyembuhkan flu lebih cepat.

TAGS:
kesehatansakit flu

RELATED STORIES

Loading interface...