Beberapa Tips Merawat Pasien Kanker Payudara
ilustrasi
Kesehatan

Beberapa Tips Merawat Pasien Kanker Payudara

Senin, 20 Apr 2020 | 11:59 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Hidup dengan kanker payudara tidaklah mudah, baik bagi pasien sendiri maupun orang yang merawat mereka. Pasien biasanya merasa kelelahan akibat penyakitnya dan efek samping pengobatan, sedangkan perawat rentan mengalami stres akibat rutinitas yang berubah, biaya pengobatan, dan kondisi pasien yang turun-naik secara drastis.

Merawat orang terdekat yang menjadi pasien kanker payudara tentu menjadi prioritas Anda saat ini. Meski demikian, tidak berarti segalanya harus dibebankan pada pundak Anda seorang.

Tidak ada salahnya mencari panduan sesekali agar bantuan yang Anda berikan menjadi lebih optimal.

Tips untuk orang yang merawat pasien kanker payudara

image0

Perawat pasien kanker memiliki banyak peran. Mereka membantu pasien mengenakan baju, makan, hingga mandi. Mereka juga perlu menyusun jadwal, mengurus keuangan, serta menyediakan kebutuhan transportasi selama pengobatan.

Agar semua kegiatan tersebut tidak membuat Anda kewalahan, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Jangan melakukan semuanya seorang diri

Tidak ada perawat pasien kanker yang sanggup melakukan semuanya sendirian. Maka dari itu, pastikan ada anggota keluarga atau orang lain yang membantu Anda merawat pasien. Bahkan, tak ada salahnya mengajak pasien terlibat bila badannya cukup kuat.

Buatlah jadwal makan, berobat, dan istirahat pasien, lalu tentukan bersama siapa yang bisa menemani pada kegiatan tertentu. Bekerja sama seperti ini tidak hanya membuat pekerjaan terasa lebih ringan, tapi juga membuat hidup pasien terasa lebih normal.

2. Menyesuaikan kebutuhan makan pasien

Selama merawat pasien kanker payudara dalam pengobatan, salah satu prioritas Anda adalah asupan makan pasien. Nafsu makan pasien kanker biasanya berkurang drastis akibat nyeri serta efek samping terapi dan obat-obatan yang dikonsumsi setiap hari.

Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi di rumah sakit mengenai makanan untuk pasien kanker. Tanyakan pula makanan apa yang ia inginkan sehingga Anda bisa membelinya ketika berbelanja kebutuhan makanan nanti.

3. Membantu pasien saat minum obat

Pasien kanker perlu meminum puluhan butir obat selama perawatan. Agar pasien tidak melewatkan dosisnya, bantulah ia dengan membuat daftar berisikan semua nama obat, dosis, dan seberapa sering obat tersebut harus diminum.

Bawalah daftar tersebut tiap kali pasien melakukan kunjungan ke rumah sakit. Setelah itu, pisahkan obat-obatan sesuai waktu minum dan berikan kepada pasien sesuai resep dokter. Anda juga bisa menemani pasien bila ia memerlukan bantuan saat minum obat.

TAGS:
kanker payudarakesehatan

RELATED STORIES

Loading interface...