Beda Lokia dan Pembekuan Darah Usai Melahirkan
ilustrasi
Kesehatan

Beda Lokia dan Pembekuan Darah Usai Melahirkan

Kamis, 8 Apr 2021 | 08:45 | Rusmanto

Winnetnews.com - Setiap ibu yang melahirkan pasti akan mengalami perdarahan setelah melahirkan atau yang dikenal dengan nama lokia. Berbeda dengan perdarahan postpartum, lokia adalah perdarahan yang normal terjadi pascapersalinan atau selama masa nifas.

Bagi Anda yang baru melahirkan, mungkin kerap bertanya-tanya sebenarnya berapa lama darah nifas keluar sampai bersih dan tuntas? Lalu bagaimana warna dan ciri darah nifas sudah bersih?

Mari simak pembahasan seputar darah yang keluar setelah melahirkan di masa nifas dalam ulasan ini, yuk!

Lokia adalah keluarnya darah normal setelah melahirkan

image0

Setelah persalinan selesai, baik melahirkan normal dengan posisi persalinan apa saja maupun operasi caesar, ibu biasanya mengalami perdarahan bernama lokia.

Ibu hamil melahirkan di rumah sakit maupun melahirkan di rumah juga sama-sama akan mengalami perdarahan lokia. Lokia adalah darah yang normal dialami ibu hamil selama masa nifas.

Lokia berbeda dengan perdarahan postpartum sebagai pertanda ada yang tidak normal setelah kelahiran. Perdarahan lokia ini sebenarnya merupakan mekanisme alami tubuh untuk membersihkan rahim dari darah dan plasenta yang terbentuk selama hamil.

Darah dapat keluar dalam bentuk gumpalan maupun aliran normal mirip seperti darah yang keluar saat menstruasi. Darah lokia yang keluar di masa nifas ini berbau normal seperti bau darah pada umumnya.

Ya, bau darah nifas yang normal seharusnya tidak berbau busuk. Namun, terkadang mungkin ada ibu yang bertanya alasan kenapa darah nifas berbau busuk. Sebenarnya, bau darah nifas atau lokia mungkin bukan busuk atau tidak sedap melainkan berbau amis selayaknya bau darah. Hanya saja, bila ibu meyakini ada yang tidak normal dengan bau darah nifas sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Lokia adalah darah yang keluar cukup banyak di masa nifas, tetapi biasanya semakin berkurang secara bertahap dalam hitungan hari atau minggu berikutnya. Bila ibu didampingi seorang doula sejak masa kehamilan, di masa nifas ini doula

TAGS:
kesehatanmelahirkanpersalinan

RELATED STORIES

Loading interface...