Begini Jadinya Jika Kamu Keseringan Mengorek Telinga

Oky
Oky

Begini Jadinya Jika Kamu Keseringan Mengorek Telinga

Winnetnews.com - Saluran pada liang telinga memiliki sel yang dapat menghasilkan cerumen atau earwax (kotoran telinga). Pada sebagian orang, jumlah kotoran telinga dapat bertambah dengan cepat, sehingga kerap menimbulkan masalah pendengaran, serta rasa sakit dan gatal yang tak tertahankan.

Hal ini pula yang mendorong seseorang untuk membersihkan telinga dengan menggunakan cotton buds atau ear stick. Selain karena alasan tersebut, mengorek telinga juga memiliki sensasi kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang.

Tak jarang banyak orang yang sering mengorek telinga meskipun kondisi telinganya sudah bersih. Padahal, terlalu sering mengorek telinga bisa menimbulkan dampak buruk yang membahayakan kesehatan.

Nah, dilansir dari terkini.id dari journal sociolla, Rabu, 17 Oktober 2018, berikut 5 akibat fatal yang bisa Anda alami jika sering mengorek telinga.

  • Liang Telinga Jadi Luka dan Lecet

Mengorek telinga memang dapat menimbulkan rasa geli-geli-enak yang bisa bikin nagih. Nah, karena sudah terlanjur ketagihan, Anda pun tak bisa lepas dari kegiatan ‘mengasyikan’ ini. Padahal, terlalu sering melakukan kegiatan ini bisa berisiko lecet pada bagian liang telinga.

Selain itu, mengorek telinga terlalu kencang juga dapat menyebabkan liang telinga menjadi luka dan lecet. Apabila sudah lecet, masalah lainnya pun bisa saja timbul, seperti infeksi gendang telinga.

  • Sakit Kepala yang Luar Biasa

Rasa sakit akibat terlalu sering mengorek telinga ternyata tidak hanya dirasakan oleh indera pendengaran, bagian kepala rupanya juga ikut merasakannya. Parahnya lagi, masalah ini dapat berujung pada perubahan wajah yang menjadi tidak simetris akibat kerusakan saraf facialis yang terdapat di dalam telinga.

  • Telinga Ditumbuhi Jamur

Struktur liang telinga yang terlindung dari cahaya matahari serta hawa yang lembap kerap menjadi sasaran empuk untuk jamur berkembang. Hal ini akan menjadi semakin buruk kalau Anda sering mengorek telinga.

Memang masalah ini tidak mengancam nyawa, namun proses penyembuhannya tetap saja membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain itu, jangan sekali-kali membersihkan telinga sendiri di rumah, baik dengan cotton buds maupun alat lainnya karena hanya akan memperburuk keadaan. Jika kondisi telinga sudah dirasa tak nyaman lagi, segera berkonsultasilah pada poliklinik yang terpercaya.

  • Indera Pendengaran Mulai Menurun

Jika Anda menganggap mengorek telinga dapat membuat kondisi bagian liang menjadi semakin bersih, maka Anda salah. Mengorek telinga justru hanya akan mendorong earwax ke bagian yang lebih dalam.

Semakin sering dibersihkan, liang telinga justru akan semakin keras memproduksi earwax. Kalau sudah begitu, keinginan untuk mengorek telinga tentu akan menjadi semakin sering.

Hal inilah yang menyebabkan indera pendengaran menurun karena sumbatan earwax yang menyebabkan gelombang suara tak dapat disalurkan dengan baik.

  • Gendang Telinga Mengalami Kerusakan

Jika Anda merasa mengorek telinga dengan menggunakan cotton buds sudah aman, coba teliti kembali deh. Pasalnya, menurut beberapa penelitian, serabut-serabut kapas pada cotton buds seringkali menyebabkan gesekan halus di bagian liang telinga yang berujung pada kerusakan gendang telinga.

Selain itu, terlalu dalam atau terlalu kencang mengorek telinga juga bisa menjadi penyebab gendang telinga menjadi pecah. Meski terkadang masalah ini bisa sembuh dengan sendirinya, pada beberapa kasus diperlukan juga prosedur medis untuk menyembuhkan masalah gendang telinga.