Begini Penampakan Paru-Paru yang Ditempeli Virus Corona
Paru-paru pasien di Wuhan yang terjangkit Covid-19 [foto: Business Insider]
Kesehatan

Begini Penampakan Paru-Paru yang Ditempeli Virus Corona

Senin, 17 Feb 2020 | 11:34 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Para ahli radiologi dari berbagai negara di dunia baru-baru ini mempublikasikan sebuah review terhadap kondisi paru-paru dari pasien yang mengidap virus corona atau Covid-19. Dalam gambar CT-Scan tersebut, terlihat kumpulan bercak putih yang dikenal dengan ground glass opacity.

Melansir dari Business Insider, laporan tersebut dipusatkan kepada 138 pasien virus corona yang dirawat di rumah sakit Wuhan. Menurut keterangan, paru-paru normal harusnya berwarna hitam, sedangkan pada pasien Covid-19, ada bercak atau felk putih yang merupakan cairan.

Beberapa ahli kesehatan menyangkal bahwa flek yang terlihat sebenarnya tidak hanya dikhususkan untuk virus corona saja. Ada beberapa infeksi paru-paru yang membuat paru-paru penderitanya terlihat memiliki flek putih. Namun para ilmuwan kemudian mengatakan jika ada pola berebda yang ditunjukkan oleh Covid-19.

image0
Hasil CT-Scan pasien penderita Covid-19 [foto: Radiological Society of North America]

Fenomena berbeda ini juga dapat dilihat dari paru-paru para penderita SARS dan MERS. Seperti halnya Covid-19, kedua penyakit tersebut dibawa oleh virus corona.

Dari hasil analisis, para ilmuwan kemudian menyimpulkan jika ada tiga komponen penting dari diagnosis virus corona. Ketiganya adalah demam dan batuk, bercak ground glass di kedua sisi paru-paru, dan riwayat kontak dengan seseorang dari Wuhan.

Namun, para ilmuwan ini mengingatkan jika CT-Scan tidak sepenuhnya bisa dijadikan alat untuk mendiagnosis. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti gejala, riwayat klinis, dan tes laboratorium.

TAGS:
virus coronawabah virus coronaWuhanCT ScanSARSMERSparu paruCovid19

RELATED STORIES

Loading interface...