Begini Riset Film 'Surat dari Praha'
Celebrity

Begini Riset Film 'Surat dari Praha'

Senin, 1 Feb 2016 | 14:53 | Rusmanto
WinNetNews.com - Menanggapi tudingan plagiasi, film 'Surat dari Praha' menjabarkan secara gamblang bagaimana proses riset yang mereka lakukan. Kota Praha dan para eksil di sana menjadi narasumber utama film arahan Angga Sasongko itu.

"Proses kerja skenario film 'Surat dari Praha' sudah dilakukan sejak pengerjaan film 'Cahaya dari Timur'. Proses yang kita lakukan adalah kerja kolaboratif dimana banyak orang terlibat dan kami punya data termasuk rekamana percakapan dengan para narasumber di Praha langsung," tutur penulis skenario filmnya, Irfan Ramli dalam jumpa pers di Kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Senin (1/2/2016).

"Jadi, kami mendapatkan data premiere dari narasumber di Praha langsung. Dan, tidak ada satu pun dari mereka yang bicara tentang tulisan di buku tersebut (novel kumpulan cerita 'Surat dari Praha', Fajar Yusri)," sambung Irfan.

Dari hasil penelusuran di Praha itulah kemudian rumah produksi Visinema Pictures menetapkan sebuah film dengan judul 'Surat dari Praha'. "Ada satu benang merah yaitu tentang surat yang mereka kirim ke Indonesia. Ketika kami wawancara, semua orang di sana cerita tentang itu. Kalau isinya tentu berbeda-beda, tapi surat ini adalah benang merahnya," ungkap Irfan lagi.

 

Itu sebabnya, ketika tuduhan plagiat menguak, Visinema Pictures merasa harus membela diri. Tudingan itu datang dari penulis buku kumpulan cerpen dengan judul sama, 'Surat dari Praha' Fajar Yusri.

"Saya pribadi belum pernah membaca ceritanya sampai akhirnya heboh seperti sekarang. Dan buku itu juga sulit didapatkan karena hanya satu kali cetak pada 2012. Barulah ada seorang teman yang berhasil mendapatkan dan mengunggah isinya kepada media sosial sehingga baru bisa dibandingkan. Sekarang di mana letak plagiasinya?" tanya balik sutradara sekaligus CEO Visinema Pictures, Angga Dwimas Sasongko.

"Kami pernah melakukan sekali pertemuan pada Agustus 2015 dengan Fajar Yusri. Tapi, pertemuan itu bukan untuk bernegosiasi, hanya melakukan klarifikasi atas konten di film yang kami kerjakan sangat berbeda dengan konten di buku," sambung Angga.

disadur dari situs detik hot

TAGS:
Surat dari PrahaVisinema Pictures

RELATED STORIES

Loading interface...