Begini Tanggapan Warga Pulomas Soal Tidak Boleh Sembelih Hewan Kurban
Sumber foto : Istimewa
News

Begini Tanggapan Warga Pulomas Soal Tidak Boleh Sembelih Hewan Kurban

Selasa, 10 Jul 2018 | 01:36 | Oky

Winnetnews.com - Guna mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018, masyarakat yang berada dalam radius satu kilometer dari arena Pacuan Kuda Pulomas tidak diperbolehkan penyembelih hewan kurban.

Hal ini pun ditanggapi beragam oleh sejumlah warga yang rumahnya tak jauh dari tempat penyelenggaran lomba pacuan kuda Asian Games di wilayah tersebut.

"Sebenarnya ya berat menerimanya, tapi ya maklum saja, belum tentu setahun sekali," ujar Sis Handoko, pengurus Masjid Baabut At Taubah, Senin (9/7/2018).

Padahal, tiap tahunnya masjid yang terletak di Jalan Pulomas Barat, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur tersebut selalu menyembelih 80 ekor kambing dan 10 ekor sapi saat Idul Adha.

"Kami sebar 1.500 kupon, kalau ada lebih, warga yang belum kebagian boleh mengambil tanpa kupon," ucapnya saat ditemui.

Sementara itu, hal berbeda diungkapkan oleh Jalaludin selaku imam Masjid At Taubah, ia mengaku keberatan karena memotong hewan kurban saat Idul Adha merupakan bagian dari syiar.

"Sebenaenya keberatan, karena setiap Idul Adha masyarakat mengadakan pemotongan hewan kurban, ini kan bagian dari syiar," ucapnya di masjid yang berjarak hanya sekitar 500 meter dari Jakarta Equestrian Park tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 35 masjid di enam kelurahan terdampak Ingub nomor 123 tahun 2017 terkait larangan mengadakan pemotongan dan penampungan hewan kurban dalam radius satu kilometer dari arena Pacuan Kuda Pulomas selama Asian Games 2018.

Untuk mengakomodasi ke-35 masjid tersebut, Kepala Seksi (Kasie) Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur Irma Budiany telah menyiapkan Rumah Potong Hewan (RPH) PD Dharma Jaya, Cakung sebagai lokasi penyembelihan hewan kurban.

Namun, terkait teknis penjembutan dan penyembelihan hewan tersebut masih akan disosialisasikan kembali kepada masyarakat pada tanggal 11 Juli mendatang.

TAGS:
asian gameskurban

RELATED STORIES

Loading interface...