Belajar Hadapi Bencana, Coba Deh Aplikasi Garapan PMI
Techno

Belajar Hadapi Bencana, Coba Deh Aplikasi Garapan PMI

Senin, 11 Apr 2016 | 10:47 | Kontributor 3
winnetnews.com - Perkembangan teknologi sepertinya memang tak bisa dihindari. Hal positifnya bisa bikin hidup jadi lebih mudah ya. Terbukti dengan munculnya banyak aplikasi-aplikasi keren untuk memudahkan kita.

Seperti inovasi yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia ini Sob, mereka telah membuat 2 aplikasi yang bisa kamu unduh di smartphone kamu. Hmm aplikasi apa ya yang mereka buat?

Peran teknologi dalam penanggulangan bencana

Penggunaan smartphone saat ini bukan lagi barang mewah. Karena hal itulah PMI membuat sebuah aplikasi tanggap darurat yang bernama Siaga Bencana dan Pertolongan Pertama.

Aplikasi ini bakal jadi cara yang efektif untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Peluncuran aplikasi ini juga membuktikan bahwa teknologi dapat berperan penting dalam kondisi darurat dan peningkatan ketahanan masyarakat terhadap bencana.

Siaga Bencana

Aplikasi Siaga Bencana ini akan memberikan sobat winnet untuk akses cepat mengenai informasi untuk mempersiapkan dan menanggulangi dampak dari bahaya bencana alam, seperti bencana angin puting beliung, gempa bumi, atau banjir. Aplikasi ini juga berisi pembelajaran tentang bagaimana mengenali resiko, mengurangi resiko, dan membuat rencana darurat saat ada bencana alam. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur alert atau pesan peringatan yang dikirimkan ke smartphone kamu saat terjadi becana alam.

Pertolongan Pertama

Aplikasi kedua yang diluncurkan oleh PMI bernama Pertolongan Pertama. Aplikasi ini akan berisi segala informasi tentang berbagai macam penyakit dan bagaimana cara pencegahannya, serta panduan untuk melakukan tindakan yang harus dilakukan saat kondisi darurat menyerang.

Sebenarnya aplikasi semacam ini sudah banyak ditemui sih, cuma yang bikin aplikasi ini spesial karena dilengkapi dengan informasi seputar epidemi yang sering terjadi di Indonesia, seperti malaria, demam berdarah, flu, ataupun diare.

Nggak cukup hanya dengan memberikan informasi saja, kedua aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Ujian, dimana aplikasi ini bakal menguji pengetahuan kamu tentang hal-hal yang terkait dengan siaga bencana dan pertolongan pertama. Nah, kamu boleh tuh coba fitur ini biar makin pintar. Kamu juga bisa loh kepo-in segala informasi tentang kegiatan dan pelayanan PMI, serta cari tahu gimana cara jadi relawan PMI.

TAGS:
aplikasiteknologi aplikasiaplikasi PMI

RELATED STORIES

Loading interface...