Benarkah Hujan Bisa Membuat Orang Sakit?
ilustrasi
Lifestyle

Benarkah Hujan Bisa Membuat Orang Sakit?

Jumat, 24 Jan 2020 | 12:03 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Di musim hujan seperti sekarang ini, kita terkadang harus rela hujan-hujanan saat sedang melakukan aktivitas di luar rumah. Sebagai contoh, kita bisa kehujanan saat naik sepeda motor atau setidaknya berjalan kaki. Masalahnya adalah banyak orang yang percaya jika kehujanan bisa membuat kita jatuh sakit.

Kehujanan Bisa Bikin Sakit?

Banyak orang yang menganggap air hujan sebagai biang keladi dari berbagai masalah kesehatan jika sampai kita kehujanan. Hanya saja, menurut pakar kesehatan dr. William Schaffner dari Vanderbilt University, Tennessee, Amerika Serikat, bukan air hujan yang menyebabkan dampak kesehatan, melainkan suhu dingin.

Schaffner menyebut suhu dingin akan meningkatkan risiko terkena infeksi pernapasan. Selain itu, kita juga cenderung lebih sering menghabiskan waktu di dalam ruangan, bukannya di luar rumah hanya demi menghindari hujan atau membuat badan lebih hangat.

Masalahnya adalah terkadang di dalam ruangan tidak hanya kita sendiri, namun juga orang lain baik itu keluarga atau teman-teman. Jika ada di antara mereka yang sudah sakit flu atau masalah pernapasan lainnya, maka risiko untuk terkena gangguan pernapasan pun akan meningkat.

Selain itu, suhu dingin juga akan membuat lingkungan cenderung jauh lebih lembap dari sebelumnya. Hal ini ternyata sangat ideal bagi virus atau kuman penyebab penyakit berkembang biak dan menyebabkan datangnya masalah kesehatan pada manusia. Jika hal ini juga dikombinasikan dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun, maka kita pun akan mudah jatuh sakit.

Selain itu, kita cenderung menyepelekan pentingnya mengganti pakaian yang basah setelah kehujanan. Meskipun kita sudah memakai payung atau jas hujan, bisa jadi pakaian akan menjadi lebih lembap dan akhirnya mempengaruhi kondisi tubuh dan membuat kita lebih mudah jatuh sakit.

Melihat fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah tertular flu di musim hujan seperti sekarang ini. Selain itu, kita juga bisa menggunakan masker saat berada di tengah-tengah orang banyak. Apalagi jika ada orang yang sedang sakit di ruangan tersebut. Segera ganti pakaian jika memang sudah basah akibat air hujan agar tidak mudah kedinginan.

TAGS:
hujansakit karena hujan

RELATED STORIES

Loading interface...