Benarkah Jatuh Cinta Bisa Bikin Kekebalan Tubuh Naik?

Rusmanto
Rusmanto

Benarkah Jatuh Cinta Bisa Bikin Kekebalan Tubuh Naik? ilustrasi
Winnetnews.com -  Jatuh cinta membuat perasaan Anda berbunga-bunga dan membuat hidup terasa lebih berwarna. Nyatanya, tak hanya membuat bahagia, jatuh cinta juga baik untuk kesehatan tubuh, terutama dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Alasan jatuh cinta bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pada tahun 2018 terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa ketika manusia jatuh cinta, perasaan tersebut memengaruhi fungsi sistem imun tubuh mereka. 

Di dalam penelitian tersebut terlibat 47 mahasiswi yang berkuliah di Amerika. Pada masa mereka memasuki kuliah, semua peserta baru saja memulai hubungan mereka yang sudah berlangsung kurang lebih satu bulan. 

Mereka yang terlibat penelitian tersebut memiliki kesamaan kondisi, seperti:

  • Heteroseksual
  • Tidak sedang hamil atau menyusui
  • Bukan perokok aktif
  • Sedang tidak memakai obat-obatan yang berkaitan dengan jantung dan sistem imun
  • Akan berada di kota yang sama selama 6 bulan ke depan

Pada penelitian tersebut, mereka harus menjawab pertanyaan, “Apakah Anda sudah jatuh cinta dengan pasangan Anda?”

Hasilnya, 36% wanita yang mengaku mulai mencintai pasangan mereka memiliki peningkatan aktivitas sistem pertahanan tubuh mereka terhadap virus. Perubahan ini terlihat jelas dibandingkan 54% wanita yang tidak sedang jatuh cinta pada awal penelitian ini dimulai. 

Hal ini mungkin disebabkan oleh pelepasan hormon oksitosin ketika Anda jatuh cinta dan berada di dekat pasangan. Hormon tersebut dapat membuat fungsi sistem imun menjadi lebih baik melalui koordinasi aktivitas jaringan neuroendokrin, yaitu aktivitas sistem saraf pusat di otak yang terkoordinasi dengan hormon oksitosin dalam peningkatan sistem imun tubuh. 

Oleh karena itu, ketika orang-orang sedang merasakan jatuh cinta, mereka lebih tahan menghadapi serangan penyakit karena perasaan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.