Benarkah Kebutuhan Vitamin C Meningkat Saat Sakit?
ilustrasi
Kesehatan

Benarkah Kebutuhan Vitamin C Meningkat Saat Sakit?

Jumat, 24 Apr 2020 | 14:44 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kebutuhan asupan nutrisi per hari tetap perlu dijaga. Daya tahan tubuh membutuhkan nutrisi agar tetap bekerja aktif melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Salah satu nutrisi yang dikenal dapat meningkatkan sistem imun adalah vitamin C. Namun, apakah kebutuhan vitamin C dalam tubuh bertambah ketika sakit? Simak penjelasannya berikut ini.

Berapa banyak kebutuhan vitamin C harian pada umumnya?

image0

Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C sehingga Anda perlu mengonsumsi sumber makanan yang mengandung nutrisi ini. Fungsi vitamin C dalam tubuh di antaranya:

  • Menjaga fungsi sistem imun
  • Penyerapan zat besi
  • Kesehatan kulit

Berdasarkan RDA (Recommended Dietary Allowance), total kebutuhan vitamin C harian dalam tubuh adalah 90 miligram untuk laki-laki dan 75 miligram untuk wanita.

Lalu apakah kebutuhan vitamin C saat sakit jadi meningkat?

Dari sebuah jurnal yang diterbitkan pada tahun 2017 menyatakan, sejumlah penelitian yang dilakukan pada berbagai spesies hewan menemukan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah dan mengurangi infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Karena tak hanya satu spesies hewan saja yang menjadi objek penelitian, besar kemungkinan manfaat vitamin C juga dapat mempengaruhi risiko dan keparahan sebuah infeksi pada manusia.

Dalam jurnal tersebut, Dr. Harri Hemila menganalisis dua hasil penelitian yang mencari tahu hubungan antara dosis vitamin C dan durasi dari saat sakit atau lebih spesifiknya saat pilek.

Kedua penelitian menunjukkan terdapat hubungan penting antara dosis vitamin C dan durasi saat seseorang sakit. Menambah asupan vitamin C sebanyak 6-8 gram per hari ternyata dapat mempercepat proses pemulihan.

Maka dari itu, bukan tidak mungkin jika mengonsumsi vitamin C harian dalam jumlah yang lebih tinggi akan semakin membantu mempercepat penyembuhan saat sakit pilek.

TAGS:
kesehatanvitamin c

RELATED STORIES

Loading interface...