Benarkah Konsumsi Teh Hijau Sebelum Tidur Bermanfaat untuk Kesehatan?
ilustrasi: teh hijau
Kesehatan

Benarkah Konsumsi Teh Hijau Sebelum Tidur Bermanfaat untuk Kesehatan?

Sabtu, 7 Sep 2019 | 06:39 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Teh hijau atau green tea cukup populer untuk semua kalangan, terutama orang dewasa dan lansia. Manfaatnya yang cukup dikenal, seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, melahirkan sebuah tren, yakni ngeteh sebelum tidur. Namun, sebelum Anda menjadikan minum teh hijau sebagai rutinitas sebelum tidur, sebaiknya cari tahu lebih dalam apa dampaknya berikut ini.

Adakah manfaat minum teh hijau sebelum tidur?

Minum berbagai jenis teh biasanya jadi rutinitas untuk mengawali hari. Akan tetapi, salah satu jenis teh, yaitu teh hijau, sengaja diminum di malam hari. Alasannya, untuk mendapatkan manfaat teh hijau yang menyehatkan tubuh.

Teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinensis, yang dikenal dengan senyawa pentingnya, seperti katekin dan asam amino.

Katekin merupakan senyawa antioksidan kuat yang sering dijadikan obat, sedangkan asam amino adalah protein pada tanaman yang dapat mendukung fungsi otak.

Nah, salah satu jenis asam amino, yaitu theanine diketahui dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Adanya theanine inilah yang membuat sebagian besar orang mulai minum teh hijau sebelum tidur sebagai rutinitas.

Studi pada tahun 2017 yang diterbitkan pada Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition melaporkan efek theanine pada kualitas tidur.

Minum teh sebanyak 3 hingga 4 cangkir (dengan takaran 750-1.000 ml) teh hijau berkafein rendah sepanjang hari dapat mengurangi rasa lelah dan stres sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Ketika masuk ke tubuh, theanine akan mengurangi hormon kortisol (hormon stres). Stimulus yang ada di otak juga akan menurun sehingga memungkinkan pikiran jadi lebih tenang.

TAGS:
teh hijaumalam harisebelum tidur

RELATED STORIES

Loading interface...