Benarkah Kram Kaki Pertanda Stroke dan Penyakit Jantung?
ilustrasi
Kesehatan

Benarkah Kram Kaki Pertanda Stroke dan Penyakit Jantung?

Sabtu, 21 Sep 2019 | 17:59 | Rusmanto
Winnetnews.com - Banyak orang yang menganggap kram kaki sebagai masalah kesehatan yang sepele. Hal ini seringkali terjadi setelah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Selain itu, semakin tua usia seseorang, semakin rentan untuk terkena kondisi ini. Hanya saja, apakah benar jika kram pada kaki juga menandakan risiko stroke dan penyakit jantung?

Kaitan Antara Kram Kaki dengan Risiko stroke dan Penyakit Jantung

Pakar kesehatan menyebut ada kaitan antara kram kaki dengan risiko penyakit mematikan layaknya penyakit jantung dan stroke. Hal ini bisa saja menandakan telah terjadi gangguan pada pembuluh darah arteri perifer yang memiliki kaitan langsung dengan kondisi otak dan jantung.

Orang yang mengalami masalah arteri perifer cenderung sering mengalami nyeri akibat adanya tumpukan lemak pada pembuluh darah kaki. Hal inilah yang kemudian memicu gangguan sirkulasi darah pada otot-otot kaki, jantung, serta otak.

Prof. David Newby dari British Heart Foundation menyebut sensasi kram yang menandakan masalah kesehatan ini biasanya seperti cengkeraman pada betis. Kondisi ini sering terjadi saat kita berjalan. Jika kita adalah perokok aktif atau sudah mengidap diabetes sebelumnya, maka sebaiknya mewaspadai gejala kram pada kaki karena bisa saja terkait dengan masalah ini.

Pakar kesehatan menyebut kram kaki yang terkait dengan penyakit jantung dan stroke lebih sering terjadi pada pria, namun para wanita yang sudah berusia lebih dari 50 tahun juga rentan mengalaminya, apalagi jika sering terpapar asap rokok, mengalami hipertensi, dan kolesterol tinggi.

TAGS:
kram kakistrokejantung

RELATED STORIES

Loading interface...