Benarkah Masturbasi Picu Munculnya Jerawat?
Ilustrasi: Medical News Today
Seks

Benarkah Masturbasi Picu Munculnya Jerawat?

Sabtu, 19 Okt 2019 | 16:30 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Banyak mitos yang simpang siur tentang aktivitas mastrubasi. Salah satu mitos yang paling berkembang di masyarakat adalah bahwa mastrubasi bisa menimbulkan jerawat. Namun benarkah hal tersebut bisa terjadi?

“Mastrubasi tidak menyebabkan jerawat. Tidak sama sekali. Dampak dari hormon yang berperan dalam munculnya jerawat,” jelas salah satu ahli, dikutip dari Healthline.

Masa pubertas ditenggarai bertanggung jawab atas maraknya jerawat di wajah. Selama masa pubertas, tubuh akan memproduksi hormon testosteron dan androgen secara berlebih. Peningkatan ini juga berarti tubuh akan memproduksi lebih banyak sebum dan minyak yang dieksresi melalui kelenjar sebasea. Sebum berguna untuk melindungi kulit. Namun jika jumlahnya terlampau banyak, sebum bisa menyumbat pori-pori dan akan menimbulkan banyak jerawat.

Selain itu, mastrubasi nyatanya tidak memberi pengaruh terhadap aktivitas sebum. Wajah kita akan tetap terkena jerawat, tidak memandang berapa usia, atau seberapa sering kita mastrubasi, ataupun ketika kita melakukan hubungan seksual.

Mastrubasi memang dikenal memberikan efek pada hormon yang ada di tubuh. Namun Healthline menyebut jika kadar hormon tidak akan memberikan pengaruh yang kuat untuk memunculkan masalah kulit. Studi justru menyebutkan bahwa orgasme bisa memunculkan hormon testosteron berlebih pada tubuh, baik untuk perempuan atau laki-laki.

“Menurut riset, perubahan pada kadar testosteron saat orgasme tidak terlalu signifikan dan bisa jadi normal dalam hitungan menit. Lonjakan hormon sementara yang disebabkan oleh mastrubasi menurut medis tidak bisa dianggap sebagai faktor yang memunculkan jerawat,” tulis penelitian tersebut.

Perlu digarisbawahi bahwa penyebab jerawat yang utama adalah karena pori-pori tersumbat atau kulit mati yang tak terbuang sehingga terperangkap dalam pori-pori. Selain itu, faktor lainnya adalah bakteri yang hidup di kulit dan masuk ke pori-pori sehingga menimbulkan ruam merah dan bengkak.

TAGS:
info sekskesehatan seksseks educationmastrubasiorgasme

RELATED STORIES

Loading interface...