Benarkah Olahraga di Malam Hari Kurang Baik bagi Kesehatan?
ilustrasi
Lifestyle

Benarkah Olahraga di Malam Hari Kurang Baik bagi Kesehatan?

Jumat, 25 Okt 2019 | 08:25 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Tidak semua orang memiliki waktu untuk berolahraga di pagi hari. Biasanya hal ini disebabkan oleh kesibukan yang membuat kita harus sesegera mungkin mencapai tempat kerja. Hanya saja, apakah benar jika berolahraga di malam hari bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan?

Dampak Berolahraga di Malam Hari

Dr. Zubaidi Ahmad, pakar kesehatan dari PERDIM, Malaysia tidak menyarankan siapapun untuk berolahraga di malam hari. Baginya, melakukannya justru akan membuat risiko terkena hipretensi dan penyakit jantung meningkat. Hal ini disebabkan oleh tingginya energi yang dihabiskan tubuh untuk melakukannya.

“Rata-rata orang sudah menghabiskan banyak energi untuk bekerja setidaknya 8 jam setiap hari. Setelahnya, tubuh sebenarnya membutuhkan waktu untuk beristirahat. Jika kita yang baru saja selesai bekerja dan kelelahan memaksakan diri untuk berolahraga, hal ini sebenarnya bisa membahayakan kesehatan,” ucapnya.

Dampak pertama yang akan terjadi jika kita memaksakan diri untuk berolahraga adalah membuat tekanan darah naik dengan signifikan. Masalahnya adalah jika hal ini sampai berujung pada hipertensi, maka akan menyebabkan masalah lain yang lebih serius seperti penyakit jantung.

Zubaidi juga menyebut kebiasaan berolahraga di malam hari bisa saja membuat siklus tidur kita menjadi kacau, apalagi jika kita melakukannya di waktu yang cenderung larut.

“Saya lebih merekomendasikan olahraga di pagi hari dan menyesuaikan dengan kondisi tubuh kita,” pungkasnya.

TAGS:
olahragamalam hari

RELATED STORIES

Loading interface...