Benarkah Perempuan Miliki Risiko Terserang Maag Lebih Besar?

Rusmanto
Rusmanto

Benarkah Perempuan Miliki Risiko Terserang Maag Lebih Besar? ilustrasi
Winnetnews.com -  Maag adalah masalah kesehatan yang bisa menyebabkan sensasi tidak nyaman pada tubuh. Hanya saja, ada anggapan yang menyebut wanita memiliki risiko lebih besar terkena gangguan pencernaan dibandingkan dengan pria. Bagaimana bisa wanita memiliki risiko lebih besar mengalami hal ini?

Penyebab wanita lebih berisiko terkena maag

Pakar kesehatan menyebut ada banyak faktor yang bisa menyebabkan peningkatan risiko maag. Sebagai contoh, masalah kesehatan yang bisa membuat sensasi nyeri pada ulu hati ini seringkali dipicu oleh stres. Masalahnya adalah, kaum hawa cenderung lebih mudah terpapar stres dibandingkan dengan pria. Jika hal ini juga ditambah dengan pola makan yang buruk, maka para wanita tentu akan lebih rentan terkena maag.

Selain itu, banyak wanita yang mudah mengalami perubahan pola makan akibat suasana hati. Sebagai contoh, banyak wanita yang akhirnya tidak nafsu makan, melewatkan waktu makan, hingga makan dengan sembarangan saat suasana hatinya memburuk. Padahal, hal ini bisa mempengaruhi kondisi lambung dengan signifikan.

Meskipun kaum hawa memiliki risiko lebih besar terkena maag, bukan berarti kaum pria bisa tenang. Jika gaya hidup yang diterapkan buruk, risiko terkena hal ini juga akan tinggi. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk lebih baik dalam menjaga gaya hidup demi mencegah kedatangannya.