Benarkah Rutin Konsumsi Yoghurt Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara?
ilustrasi
Kesehatan

Benarkah Rutin Konsumsi Yoghurt Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara?

Minggu, 2 Feb 2020 | 07:36 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Yoghurt dikenal luas sebagai makanan untuk mereka yang sedang menjalani program diet, namun, pakar kesehatan juga menyebut makanan ini bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker payudara. Bagaimana cara yoghurt bisa memberikan manfaat kesehatan ini?

Yoghurt Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Medical Hypotheses, disebutkan bahwa jika wanita mengonsumsi yoghurt secara rutin, maka risiko terkena untuk risiko terkena kanker payudara bisa diturunkan dengan signifikan. Penelitian ini dilakukan oleh tim gabungan dari Lancaster University serta University Hospitals of Morecambe Bay NHS Trust, Inggris.

Yoghurt memiliki kandungan bakteri baik yang berasal dari proses fermentasi laktosa pada susu. Bakteri ini ternyata juga bisa ditemukan di dalam payudara ibu yang sedang dalam masa menyusui.

“Ternyata, ASI tidak sesteril yang kita duga, namun keberadaan bakteri yang ada di dalamnya bisa memberikan keuntungan bagi kesehatan. Proses laktasi juga bisa mengubah mikroflora di dalam payudara,” ucap salah satu peneliti yang terlibat, Rachel Rigby dari Lancaster University’s Faculty of Health and Medicine.

Bakteri fermentasi laktosa ini ternyata bisa memberikan perlindungan bagi payudara. Rigby dan timnya pun menemukan fakta bahwa ibu yang menyusui selama satu tahun mampu menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 4,3 persen.

“Sel-sel yang ada di dalam kelenjar payudara ternyata memiliki kandungan mikroflora. Mikroflora ini juga bisa ditemukan di dalam perut dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita dengan signifikan. Semakin kuat sistem kekebalan tubuh, semakin menurun risiko terkena kanker,” pungkas Rigby.

TAGS:
yogurtkanker payudara

RELATED STORIES

Loading interface...