Benarkah Sering Makan Pedas Bisa Cegah Stroke dan Penyakit Jantung?
ilustrasi
Kesehatan

Benarkah Sering Makan Pedas Bisa Cegah Stroke dan Penyakit Jantung?

Kamis, 19 Des 2019 | 11:42 | Rusmanto
Winnetnews.com - Masyarakat Indonesia dikenal luas sebagai penggemar makanan pedas. Tak hanya bisa membuat selera makan meningkat, makanan pedas ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Bahkan, penelitian terbaru membuktikan bahwa rutin mengonsumsinya bisa mencegah datangnya stroke dan penyakit jantung. Kok bisa?

Manfaat Makan Makanan Pedas

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam American College of Cardiology, disebutkan bahwa 23 ribu orang dari Italia dilibatkan sebagai partisipan. Para partisipan ini terbagi menjadi orang yang hobi makan makanan pedas dan yang tidak.

Setelah mempertimbangkan berbagai macam faktor, ditemukan fakta bahwa mereka yang hobi mengonsumsi makanan pedas setidaknya empat kali dalam seminggu cenderung memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung lebih rendah 40 persen dibandingkan dengan yang jarang mengonsumsinya. Sementara itu, perbandingan risiko terkena stroke mencapai 50 persen.

Sebagai informasi, penelitian ini memakai data dari studi Moli-Sani yang dilakukan di wilayah Molise, Italia Selatan. Penelitian ini dilakukan demi mengecek bagaimana dampak kebiasaan makan makanan pedas yang memang disukai masyarakat di wilayah Italia ini.

“Kini, penelitian dilakukan lebih lanjut akan dilakukan di Tiongkok dan Amerika Serikat untuk mengetahui secara pasti manfaat lebih besar dari makanan pedas,” ucap salah satu peneliti yang terlibat, Lucia Lacoviello dari Neuromed.

Meskipun begitu, pakar kesehatan Duane Mellor dari Inggris menyebut cabai tidak bisa dijadikan satu-satunya alasan mengapa risiko stroke dan penyakit jantung bisa menurun. Dia menyebut adanya kemungkinan hal ini juga terkait dengan makanan lain seperti herbal, sayuran, rempah-rempah dan lainnya sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

TAGS:
strokepenyakit jantung

RELATED STORIES

Loading interface...