Benarkah Teh Hitam Bisa Cegah Penyakit Jantung?
ilustrasi
Kesehatan

Benarkah Teh Hitam Bisa Cegah Penyakit Jantung?

Selasa, 8 Okt 2019 | 07:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Masyarakat Indonesia cenderung belum benar-benar memahami jenis-jenis teh. Kebanyakan orang berpikir jika teh hanyalah yang biasa kita seduh setiap hari, baik itu berupa teh celup ataupun teh tubruk. Padahal, dalam realitanya ada beberapa jenis teh yang bisa memberikan manfaat kesehatan yang sangat besar. Salah satunya adalah teh hitam.

Manfaat Teh Hitam dalam Mencegah Penyakit Jantung

Pakar kesehatan menyebut teh hitam diolah dengan proses oksidasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan teh hijau. Hal ini membuatnya memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi. Sebagaimana kopi yang juga memiliki kandungan kafein tinggi, teh hitam juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi jantung.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam US National Library of Medicine National Institute of Health, dihasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi teh hitam tanpa tambahan gula sebanyak tiga cangkir dalam sehari sudah mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner dengan signifikan. Penelitian lain yang melibatkan 45 orang dan dilakukan selama tiga bulan juga menghasilkan fakta bahwa rutin minum teh hitam sebanyak lima cangkir setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 11 persen.

Hanya saja, pakar kesehatan menyebut konsumsi teh hitam sebaiknya dibatasi agar tidak melebihi 8 cangkir setiap hari. Jika dilakukan, maka asupan kafein akan berlebihan dan bisa memberikan efek samping berupa susah tidur, cemas dan gelisah, mengalami anemia, hingga mengalami osteoporosis akibat banyaknya kalsium yang terbuang dari dalam tubuh.

TAGS:
teh hitampenyakit jantungantioksidan

RELATED STORIES

Loading interface...