Bengkulu Dilanda Gempa, Tapi Tak Berpotensi Tsunami
Nasional

Bengkulu Dilanda Gempa, Tapi Tak Berpotensi Tsunami

Minggu, 10 Apr 2016 | 11:37 | Wahyu
winnetnews.com - Kepanikan warga sempat terjadi saat Provinsi Bengkulu dilanda gempa 5,9 skala richter (SR), pagi tadi. Badan Meteorologi Klimotologi Geofisika (BMKG) memastikan bahwa gempa itu tak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kepahiang, Bengkulu, Litman mengatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, karena besarannya masih di bawah 7,0 SR. Namun masyarakat tetap diimbau waspada, tidak panik dan cemas atas gempa itu.

''Gempa tidak berpotensi tsunami. Namun, kita imbau masyarakat tetap waspada,'' kata Litman kepada Okezone, Minggu (10/4/2016).

Litman menjelaskan, kemungkinan gempa susulan bisa saja terjadi. Hanya saja, hal tersebut tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi. Selain itu, tambah dia, kalau pun ada gempa susulan besaran gempa tidak sebesar pada gempa yang terjadi pagi tadi.

''Tidak bisa diprediksi gempa susulan. Besaran gempa susulannya pun kemungkinan di bawah 5 SR,'' jelas Litman.

Ia menambahkan, gempa yang terjadi di Bengkulu akibat adanya aktivitas subduksi atau pergeseran lempeng Indo-Eurasia dan Indo-Australia. Dengan seringnya terjadi gempa-gempa kecil, tambah Litman, maka akan mengurangi akumulasi energi yang terkumpul.

Sumber: Okezone

TAGS:
gempapotensi tsunamibegkulugempa bengkulu

RELATED STORIES

Loading interface...