Beragam Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan
Foto; Hello Sehat
Kesehatan

Beragam Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan

Senin, 10 Agt 2020 | 18:16 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Kopi hijau merupakan biji kopi dari buah coffea yang belum dipanggang. Biji kopi hijau ternyata memiliki kandungan asam klorogenat yang tinggi, dibandingkan dengan kopi panggang lainnya.

Zat tersebut diketahui memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita, mulai dari menangkal radikal bebas hingga menurunkan berat badan. Berikut ini adalah sederet manfaat dari kopi hijau yang perlu kamu ketahui.

Mengurangi efek radikal bebas

Kandungan antioksidan yang ada dalam biji kopi, berguna untuk mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Sebuah riset yang diterbitkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry, disebutkan bahwa antioksidan dari asm klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Kopi hijau
Foto: Tribunnews.com

Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine, ekstrak dari biji kopi ini dapat mengurangi lemak dalam tubuh dan menurunkan berat badan. Pasalnya, kafein dam asam klorogenat yang ada di dalamnya, termasuk dalam senyawa yang berfungsi untuk menurunkan berat badan.

Meningkatkan suasana hati

Seperti yang diketahui, kopi memiliki kandungan kafein di dalamnya. Kandungan tersebut, ternyata memiliki efek positif terhadap suasana hati dan aktivitas otak kita. Terdapat sejumlah penelitian yang mengonfirmasi bahwa kafein pada kopi hijau dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan, memori, fokus dan ketahanan tubuh.

TAGS:
kopi hijauradikal bebasmenurunkan berat badan

RELATED STORIES

Loading interface...