Berapa Lama Alkohol Bertahan dalam Tubuh?
Ilustrasi: Bottleneck Management
Sains

Berapa Lama Alkohol Bertahan dalam Tubuh?

Sabtu, 28 Des 2019 | 09:17 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Jika kamu hobi minum alkohol, kamu pasti pernah bertanya-tanya, berapa lama alkohol akan bertahan di dalam tubuh dan memengaruhi kesadaranmu? Dilansir dari Metro, 49 persen orang Inggris setidaknya minum alkohol sekali dalam seminggu atau lebih selama periode Natal di akhir tahun. Terkait alkohol, minum berlebihan tentu tidak dianjurkan karena bisa memperngaruhi kondisi kesehatanmu.

Untuk bisa lebih aman dalam mengonsumsi alcohol, kamu sebaiknya mengetahui waktu yang pas bagi alkohol untuk bertahan di sistem milikmu. National Health Service (NHS) menyatakan bahwa tubuh setidaknya butuh sekitar satu jam untuk memecah satu unit alcohol.

Namun hal ini nyatanya bervariasi dan bergantung pada faktor-faktor lain, termasuk berat badan, usia, jumlah makanan, jenis alkohol, dan apakah kamu minum pil penghilang mabuk atau tidak.

image0
Ilustrasi: Blogivy

Lantas, berapa ukuran satu unit alkohol? Satu unit alkohol mengandung 10ml atau 8g alkohol murni. Satu pint berisi dua unit, dan satu gelas anggur bisa berisi sampai tiga unit.

Tingkat dimana alkohol hilang dari aliran darah adalah sekitar 0,015ml per jam. Tetapi alkohol tetap bisa muncul di darah hingga 12 jam.

Sekarang yang jadi pertanyaan, bisakah kita menghilangkan kandungan alkohol secara lebih cepat? Jawabanya adalah tidak. Banyak orang beranggapan bahwa dengan minum banyak air putih maka kandungan alkohol akan lebih cepat hilang. Inilah anggapan keliru. Meskipun air putih bisa membantumu jadi lebih cepat sadar, kandungan alkohol dalam darahmu tidak akan berubah.

TAGS:
sainsalkoholminuman alkoholmabukminuman keras

RELATED STORIES

Loading interface...