Berbagai Cara Jaga Kesehatan Mata yang Mudah
ilustrasi
Kesehatan

Berbagai Cara Jaga Kesehatan Mata yang Mudah

Sabtu, 23 Mei 2020 | 03:25 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Menerapkan cara menjaga kesehatan mata harus tekun dilakukan untuk mencegah katarak dan penyakit mata lainnya. Perlu diketahui bahwa jumlah orang yang memakai kacamata dari tahun ke tahun terus bertambah dengan drastis! Nah, untuk menghindarinya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sehari-hari agar senantiasa tetap sehat. Baca terus untuk mendapatkan informasi lengkapnya di bawah ini!

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga mata tetap sehat dan terhindar dari mata minus atau plus sangatlah mudah bila Anda melakukannya secara rutin dan sabar. Cara sederhana bisa dilakukan seperti melakukan perubahan gaya hidup hingga menjaga pola makan sehat.

Berikut ini adalah sejumlah cara menjaga kesehatan mata:

1. Rutin Periksa Mata Setiap 12 Bulan

Cara merawat kesehatan mata yang pertama adalah rutin memeriksakan mata Anda setiap 12 bulan sekali. Masalah penglihatan yang tidak segera ditangani akan berkembang semakin parah.

Rutin menjalani tes kesehatan mata juga dapat menemukan penyakit seperti glaukoma. Jadi, sangat penting untuk mengetahuinya sejak dini agar lebih mudah dirawat. Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang disebabkan peningkatan tekanan pada bola mata.

Berikut beberapa pemeriksaan kesehatan mata secara komprehensif:

  • Berkonsultasi tentang riwayat medis pribadi dan keluarga pada dokter spesialis mata.
  • Tes penglihatan untuk melihat apakah mengalami rabun dekat, rabun dekat, astigmatisme (kornea melengkung yang mengaburkan penglihatan), atau presbiopia (perubahan penglihatan kerena usia).
  • Tes untuk melihat seberapa baik mata berfungsi.
  • Tekanan mata dan tes saraf optik untuk memeriksa glaukoma.
  • Pemeriksaan eksternal dan mikroskopis mata sebelum dan sesudah pelebaran.

2. Menggunakan Kacamata Anti-UV

Cara menjaga kesehatan mata berikutnya menggunakan kacamata anti-ultraviolet (UV), terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Seperti kita ketahui, sinar UV dapat membuat kerusakan serius pada mata.

Menggunakan kacamata yang tepat dapat mencegah kerusakan mata, seperti kacamata yang terbuat dari jenis polycarbonate yang sekitar 10 kali lebih kuat daripada jenis plastik lainnya.

Ketika membeli kacamata khusus antiradiasi, pastikan yang dapat memantulkan radiasi sinar ultraviolet paling tidak 98%.

3. Asupan Nutrisi yang Cukup

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya dengan menjaga asupan nutrisi. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa vitamin ( vitamin A, C dan E), mineral (zinc), dan antioksidan dapat mencegah atau paling tidak memperlambat degenerasi makula dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh juga baik untuk mata.

Makanan yang mengandung nutrisi penting ini terdiri dari berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang berwarna-warni, di antaranya:

  • Wortel
  • Stroberi
  • Paprika merah
  • Brokoli
  • Bayam
  • Jeruk
  • Ubi

Sementara makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, termasuk salmon dan biji rami, yang disarankan untuk menjaga kesehatan mata.

4. Penuhi Asupan Karotenoid

Nutrisi lainnya seperti karotenoid, juga sangat berperan penting untuk meningkatkan kesehatan mata. Karotenoid yang ditemukan di retina adalah lutein dan zeaxanthin. Vitamin ini juga bisa ditemukan dalam sayuran hijau seperti brokoli, zukini, dan telur. Lutein dan zeaxanthin juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Karotenoid memiliki kemampuan dalam membantu melindungi makula dengan meningkatkan kepadatan pigmen di bagian mata dan menyerap sinar ultraviolet dan cahaya biru.

5. Penggunaan Cahaya yang Cukup

Bekerja dengan cahaya minim dapat menyebabkan kelelahan mata, tapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Cara menjaga kesehatan mata yang tepat adalah dengan mengarahkan cahaya terbaik.

Jika bekerja menggunakan komputer, gunakanlah lampu meja bercahaya lembut dari arah samping. Kurangi juga tingkat terang (brightness) monitor komputer. Warnanya memang jadi tak terlalu tajam, tapi mata akan jadi lebih nyaman.

TAGS:
kesehatan matakacamata

RELATED STORIES

Loading interface...